Tertibkan Lapak di Pasar Anduonohu, Satpol PP dan Pedagang Nyaris Bentrok – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Tertibkan Lapak di Pasar Anduonohu, Satpol PP dan Pedagang Nyaris Bentrok

Petugas Pol PP Kota Kendari tampak membongkar lapak pedagang buah di Pasar Anduonuhu, Selasa. Foto : Alfin/KP

kendaripos.fajar.co.id — Upaya penertiban sempadan jalan agar lalu lintas manusia dan kendaraan di beberapa titik strategis terus digalakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra). Kemarin, puluhan Satpol PP menyisir dan mencoba mengurai potensi kemacetan di sekitar Pasar Anduonohu. Upaya itu rupanya tidak diterima sebagian pedagang yang lapaknya akan ditertibkan karena menghalangi akses jalan.

Ketegangan sempat muncul antara personel Satpol PP dan beberapa pedagang yang menolak ditertibkan. Kejadian bermula, saat lapak milik beberapa pedagang hendak ditertibkan petugas. Pedagang kukuh mempertahankan lapaknya. Satpol PP tak mau kompromi, adu mulut tak terhindarkan. Pedagang kukuh lapaknya tidak mengganggu jalan raya dan tidak perlu dibongkar paksa. Argumen pedagang pun ditolak mentah-mentah oleh Satpol PP. Kericuhan nyaris pecah. Ketegangan mereda setelah pendekatan persuasif dilakukan dan pedagang merelakan lapaknya ditertibkan Satpol PP.

Penegak perda itu berdalih, kemacetan yang kerap terjadi di pasar tersebut akibat lapak pedagang yang menjulur hingga ke bibir jalan raya. Praktis, akses pembeli dan kendaraan nyaris tidak ada. Akibatnya, lalu lintas kerap tersendat. Hal tersebut menambah kesemrawutan pasar. Kepala Seksi Operasi Satpol PP Kota Kendari, Aris Manda mengatakan setelah diberikan penjelasan mengenai Peraturan Daerah Nomor 15 tahun 2015 akhirnya pedagang mau menerima penertiban. “Sempat lima pedagang menolak, dan terjadi cekcok dengan petugas. Tapi sudah teratasi,” ujarnya, Selasa (4/7).

Aris menegaskan penertiban yang dilakukan di Pasar Anduonohu bukan tanpa sosialisasi dan peringatan. Hal itu sudah dilakukan sebanyak tiga kali sejak bulan suci Ramadan lalu. “Makanya hari ini kita tertibkan. Petugas kita yang turun sekira 90 orang,” ungkapnya.

Pantauan Kendari Pos, menyasar lapak pedagang, Satpol PP juga menata puluhan kendaraan yang parkir liar. Ada juga beberapa pedagang buah yang kiosnya dibongkar karena menggunakan drainase sebagai tempat berjualan. “Khusus di Pasar Anduonohu, kita standby kan empat personel untuk berjaga tiap harinya,” pungkas Aris. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top