Pemkot Kendari Luncurkan SIMDA Online – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pemkot Kendari Luncurkan SIMDA Online

Susanti

kendaripos.fajar.co.id–Pemkot Kendari dalam kendali Wali Kota, Asrun tak pernah kehabisan ide cemerlang untuk berinovasi. Dalam pengelolaan keuangan, Pemkot menghadirkan kemudahan penyusunan anggaran, yakni Sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA) berbasis online. Sistem ini dinilai lebih efektif dan efisien dibanding sebelumnya. Hari ini akan diresmikan penerapan sistem itu oleh Pemkot Kendari.

Rencananya, pada peresmian yang akan dilakukan di ruang pola kantor Wali Kota Kendari, semua SKPD akan dihadirkan dan diresmikan langsung oleh Sekot Kendari, Alamsyah Lotunani. “Rabu besok (hari ini-red) kita resmikan,” ujar Susanti, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari di ruang kerjanya, Selasa (4/7).

Simda berbasis online memang sangat efektif. Sebagai pembadning, jika pada Simda berbasis manual, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam melakukan penyusunan anggaran seperti SPM dan usulan APBD-P, hasilnya masih harus setorkan dalam bentuk berkas kepada BPKAD. “Bahkan kalaupun dalam bentuk file, mereka masih harus bawa ke kantor (BPKAD) untuk di explore. Jadi repot mondar-mandirnya,” ungkapnya.

Susanti menjelaskan dalam Simda online, para SKPD cukup menyusun anggaran di kantor masing-masing dan secara otomatis dapat terpantau di server yang ada di BPKAD. “Kita sudah siapkan tiga server untuk mendukung Simda online ini,” imbuhnya.

Soal kemampuan jaringan, Susanti menegaskan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, persiapan penerapan Simda online ini sudah matang dan sudah diuji coba dibeberapa dinas. Nantinya, manfaat bagi masyarakat, pelayanan dalam penyusunan kebijakan anggaran akan lebih cepat dan efektif. “Ini inovasi kami dalam mendukung kemudahan penyelenggaraan pemerintahan,” tambahnya. (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top