Gunakan Ijazah Palsu, Kades Totole di Bombana Diberhentikan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bombana

Gunakan Ijazah Palsu, Kades Totole di Bombana Diberhentikan

kendaripos.fajar.co.id — Kepala Desa Totole, Kecamatan Matausu, Rauke bin Lori harus lebih cepat mengakhiri kursi jabatannya sebagai kades yang seharusnya berakhir Januari 2021 mendatang. Ia terbukti menggunakan ijazah palsu saat mencalonkan diri sebagai calon kepala desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bombana, Hasdin Ratta mengatakan, Surat Keputusan (SK) pemberhentikan Rauke bin Lori sebagai Kades Totole, Kecamatan Matausu sudah ditanda tangani Pj Bupati Bombana.

“Awal pekan kemarin ditanda tangani SK pemberhentiannya (Kades Totole). Bahkan dalam SK tersebut, Pj Bupati sekaligus mengangkat pengganti Rauke sebagai Kades Totole. Dalam SK itu, ditunjuk salah seorang PNS dari Kecamatan Tontonunu bernama Hardin, sebagai Pj Kades Totole,” ujarnya.

Menurut Hasdin Ratta, pengangkatan Hardin sebagai pengganti Rauke memang merupakan hak prerogatif Bupati Bombana. Namun kewenangan ini tidak digunakan oleh Pj Bupati Bombana. Buktinya, penunjukan Pj Kades Totole itu dilakukan berdasarkan usulan dari Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Totole dan Camat Matausu. “Bupati menghargai usulan BPD dan Camat, sehingga tidak menggunakan kewenangannya untuk menunjuk Pj Kades Totole,” sambungnya.

Sesuai rencana, Pj Kades Totole ini akan segera dilantik bersamaan dengan pengukuhan beberapa BPD yang ada di Bombana. “Insya Allah, awal pekan depan, sudah dilantik,” kata Hasdin Ratta. Mantan Asisten III, Pemda Bombana ini mengatakan, pemberhentian Rauke bin Lori dilakukan karena yang bersangkutan sudah mendapat vonis tetap dari Pengadilan Negeri Baubau. Berdasarkan putusan tersebut, Rauke dinilai tidak lagi memenuhi syarat sebagai kepala desa sehingga dilakukan usulan pemberhentiannya. (Nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top