Bhayangkara Sultra Makin Inovatif, Wujudkan Polisi Profesional di HUT ke-71 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Bhayangkara Sultra Makin Inovatif, Wujudkan Polisi Profesional di HUT ke-71

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin menyerahkan kado spesial, pada Kapolda Sultra Brigjenpol Andap Budhi Revianto SIK sebagai ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-71. nampak Wakapolda Kombes Pol Drs Bambang Priyambadha ikut menyaksikan. Foto : LM Syuhada/Kendari Pos. Foto : LM Syuhada/kendari pos

kendaripos.fajar.co.id — Kepolisian Daerah (Polda) Sultra semakin inovatif dibawah kendali Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Terutama pada aspek pelayanan kepada masyarakat, berhasil menghadirkan aplikasi Halu-Haluo yang bisa memberikan kemudahan ketika ingin berurusan dengan polisi. Lewat aplikasi berbasis teknologi itu, masyarakat tidak perlu lagi susah payah melapor ke kantor polisi untuk mendapatkan pelayanan.

Setiap laporan masyarakat yang masuk di aplikasi Halu-Haluo akan langsung direspon petugas. Andap Budhi Revianto menegaskan, aplikasi ini sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan petugas. “Inovasi yang kami lakukan untuk mendukung kinerja petugas supaya lebih profesional. Apalagi sekarang era teknologi, sehingga aplikasi Halu-Haluo ini sangat tepat dan bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Andap saat berbincang dengan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di ruang Kapolda Sultra, Selasa (4/7).

Tidak hanya pada aspek sarana pelayanan, Bhayangkara Sultra kini juga lebih humanis. Mereka juga lebih profesional bekerja sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat. Makanya, tak mengherankan dalam beberapa hajatan besar seperti Pilkada serentak 2016 di tujuh kabupaten/kota serta pengamanan selama Ramadan hingga Idulfitri berlangsung kondusif. “Ini juga berkat kesadaran masyarakat untuk patuh pada aturan yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Masih soal pengamanan, terutama saat arus mudik dan balik lebaran, masyarakat dibuat nyaman dengan kehadiran polisi dibeberapa titik rawan maupun keramaian. Mereka juga tak pernah lelah mengingatkan pemudik untuk tidak memaksakan diri berkendara kalau tidak sehat. Bahkan, tak segan menurunkan paksa atau menghentikan armada, baik laut maupun darat jika muatannya over kapasitas. Menurut Andap, semua itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. “Selama operasi Ramadniya, angka kecelakaan menurun drastis dari tahun lalu,” ujarnya.

Kesuksesan Polda Sultra dalam mengawal Pilkada serentak, menciptakan aplikasi Halu-Haluo serta menurunkan angka lakalantas selama arus mudik dan balik lebaran menjadi kado peringatan Hari Bhayangkara pada 1 Juli, meskipun puncak peringatannya akan digelar 10 Juli mendatang. Andap berharap, dalam HUT kali ini menjadi momen evaluasi sekaligus meningkatkan kinerja supaya lebih profesional lagi.

Pencapaian yang sudah diperoleh harus ditingkatkan lagi. Hal itu sebagaimana tgaline Polri saat ini “Terpercaya Melalui Profesionalisme dan Modernisasi”. Terpercaya maksudnya masyarakat selalu mempercayai apa yang dilakukan polisi dalam menjaga Kamtibmas. Sedangkan profesionalisme menyangkut perbaikan kinerja khususnya di bidang layanan publik, penegakan hukum dan pendidikan. “Harapan kita seperti itu,” katanya.

Lebih jauh Andap menjelaskan, polisi juga harus selalu bersinergi berbagai stakeholder. Misalnya dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Sebab, tanpa kerjasama yang baik, maka kinerja kepolisian juga tidak akan maksimal. Lebih dari itu, lanjut Andap, polisi harus selalu menciptakan langkah-langkah yang inovatif agar semakin maju. Hal itu sesuai dengan harapan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

“Kebijakan pimpinan harus diimplementasikan dengan cara selalu memberikan rasa aman kepada masyrakat,” ucapnya. Langkah inovatif yang dimaksud Andap yakni melayani masyarakat dengan cara cepat dan tepat. Salah satunya dengan kecepatan informasi. Makanya kehadiran aplikasi Halu-Haluo Polda Sultra untuk menjawab sekaligus menindaklanjuti perintah Kapolri. “Aplikasi ini merupakan salah satu langkah inovasi polisi,” katanya.

Andap juga sempat menyinggung soal ancaman terorisme yang belakangan ini mulai ramai. Menurut dia, salah satu langkah antisipasi Polda Sultra dengan memperketat pengamanan dan selalu siaga. Polisi kata dia selalu melakukan konsolidasi. “Kami minta masyarakat untuk ambil bagian dalam menghadapi aksi terorisme ini. Minimal berperan aktif dalam memberikan informasi kalau ada hal mencurigakan. Kepada petugas, saya minta untuk selalu waspadadan siaga,” pesannya.

HUT Bhayangkara ke-71 di Mapolda Sultra akan dirayakan pada 10 Juli. Sebenarnya, jatuh pada 1 Juli, namun mengingat kondisi karena masih operasi Ramadniya sehingga diundur. Momen istimewa ini akan dirangkaikan dengan perlombaan gowes (bersepeda). Khusus untuk upacara akan dilaksanakan di Mako Brimob. (b/ade)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top