Strict Standards: Redefining already defined constructor for class Popular_Posts_Tabbed_Widget_Jetpack in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/popular-posts-tab-widget-for-jetpack/popular-posts-tab-widget-for-jetpack.php on line 61
Tiga Tersangka Pengedar Upal di Kendari Segera Disidang – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Tiga Tersangka Pengedar Upal di Kendari Segera Disidang

Tiga tersangka pengedar Upal (pakai songkok) menjalani pelimpahan berkas tahap II di Kejati Sultra.

kendaripos.fajar.co.id — Satu lagi pekerjaan tim penyidik Ekonomi Khusus (Eksus) Ditreskrimsus Polda Sultra tuntas. Berkas penyidikan tiga tersangka kasus dugaan kepemilikan dan peredaran uang palsu (Upal) yang mencapai miliaran dengan pelaku Sahrudin (41), Siswanto (51) dan juga Pabottingi (47) akhirnya selesai.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan hal tersebut. Tiga tersangka kini sudah menjalani proses tahap II. Kasus mereka telah dilimpahkan ke Kejati Sultra kemudian akan menjalani proses persidangan. Menurut Dolfi lengkapnya berkas tiga tersangka ini, setelah penyidik meminta beberapa keterangan saksi ahli. Salah satunya berasal dari Bank Indonesia. “Yah, sudah tuntas berkasnya. Sudah tahap II. Semua kewenangan sudah beralih ke Kejaksaan,” beber Dolfi, Selasa (4/7/2017).

Dolfi menambahkan seluruh barang bukti berupa duit dan kendaraan yang disita Polisi ketika proses penangkapan diserahkan ke Kejaksaan. “Pokoknya tugas kepolisian sudah selesai. Tinggal Jaksa yang membuktikan ke Pengadilan nantinya,” jelasnya.

Sementara itu Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH juga membenarkan keterangan tersebut. Menurut Janes, seluruh tersangka akan menjadi tahanan Jaksa selama 20 hari kedepan. “Yah benar. Hari ini (kemarin-red) ada tahap II,”ujarnya

Seperti diberitakan sebelumnya, terungkapnya praktek duit palsu ini berawal dari tertangkapnya dua orang pria bernama bernama Siswanto (51) dan juga Pabottingi (47) di Bandara HO Kendari. Kedua pria ini ditangkap oleh pihak Bandara dan pihak Angkatan Udara saat melewati pintu X-Tray. Pihaknya mendeteksi hal yang tidak beres kepada keduanya. Saat digeledah, didalam tas terdapat 2.899 lembar pecahan seratus dolar amerika palsu yang rencanannya akan terbang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air .

Nah, berbekal itu, pihak Bandara lalu melakukan kordinasi dengan pihak Polda Sultra. Sehari sesudah itu polisi lalu berhasil menangkap Saharudin (41), seorang Dosen disalah satu perguruan Tinggi di Kota Kendari yang bermukim di BTN Riski, Kelurahan Anggooeya, Kecamatan Poasia. Dari tangan Saharudin ditemukan barang bukti berupa 88 lembar duit pecahan 100 dolar, 1 lembar pecahan 50 dolar, 1 lembar pecahan 20 dolar, 101 uang pecahan seratus ribu rupiah, buah alat deteksi uang dan 11 lembar uang mainan pecahan seratus ribu rupiah. Dan setelah ditotalkan upal yang mereka miliki mencapai Rp 4 Miliar lebih. (ade)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top