Tak Perlu Risau, Kuota Penerimaan SD dan Jatah Kursi SMP Cukup di Kota Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Tak Perlu Risau, Kuota Penerimaan SD dan Jatah Kursi SMP Cukup di Kota Kendari

Suasana proses pendaftaran di SMPN 1 Kendari. Foto : Isma/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Jumlah lulusan sekolah dasar (SD) tahun ajaran 2017 ini sekira 6.464, sedangkan jatah kursi di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) hanya sekira 4.695 yang tersebar di 38 sekolah di Kota Kendari. Masih ada sekira 1.769 calon siswa yang dimungkinkan tidak kebagian kursi untuk jenjang SMP.

Meski begitu, para orang tua di Kota Kendari tak perlu risau. Ketua panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Kendari, Makmur Tote mengatakan jumlah lulusan SD tahun ajaran 2017 sekira 6.464 orang. Masyarakat tidak perlu risau dengan perbandingan kuota untuk masuk SMP. Karena masih ada sekolah madrasah tsanawiyah (Mts). “Sehingga semua lulusan SD baik negeri maupun swasta dapat terakomodir. Apalagi ada beberapa lulusan SD yang memilih sekolah di luar Kota Kendari,” ujar Makmur Tote yang juga Koordinator pengawas (Korwas) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari, Senin (3/7).

Untuk kuota siswa, Pemerintah Kota Kendari merujuk pada ketentuan pemerataan jumlah siswa di metro ini. Sehingga, setiap sekolah memiliki kuota maksimal yang sudah ditentukan yakni 100 siswa per sekolah untuk SD dan SMP, setiap sekolah boleh menerima sesuai jumlah penamatan siswanya.

Adapun kuota calon peserta didik jenjang SD disediakan sekira 12.800 peserta didik baru di 128 sekolah baik negeri maupun swasta. “Kalau SD, maksimal menerima peserta didik untuk empat ruangan saja yang setiap ruangannya hanya boleh 25 siswa. Sedang SMP tergantung jumlah penamatannya dengan setiap ruangan maksimal 28 siswa,” ujar Sartini Sarita, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari.

Untuk persyaratan, dilanjutkan Sartini, bagi peserta didik baru untuk SD, cukup mengisi biodata dalam formulir secara online. Faktor usia menjadi syarat penting bagi PPDB SD yakni per satu Juli harus berumur tujuh tahun. “Karena usia dibawah tujuh tahun, hasil kajiannya, anak belum bisa maksimal menerima pelajaran. Nah untuk anak belum diusia itu, maka akan mendapat diluluskan dengan ketentuan tertentu,” kata Sartini.

Sedang calon siswa SMP, dianjurkan mengisi nilai hasil ujian SD dan juga prestasi yang pernah diraihnya. Terpenting, peserta didik baru harus mengisi secara benar alamatnya berdomisili, karena akan menentukan sekolah mana yang bersangkutan diterima. “Jadi kita sistemnya zonasi. Zona 1 untuk prioritas satu, jarak domisili dengan sekolah maksimal satu kilometer, zona dua untuk prioritas II, berjarak maksimal dua kilometer, sedang untuk zona III untuk prioritas tiga, berjarak maksimal tiga kilometer,” jelasnya.

Sedang untuk jenjang SMP, selain berlaku sistem zona, juga terdapat persyaratan prestasi yang akan menjadi pertimbangan sekolah dalam menerima peserta didik barunya. Diantaranya prestasi tingkat provinsi baik itu bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler akan mendapat prioritas utama, sedang prestasi tingkat kabupaten dan kota sebagai prioritas berikutnya.

“SMP itu ada ketentuan, 90 persen peserta didik diterima berdasarkan jarak domisili dengan sekolah, lima persen karena prestasi dan lima persennya lagi untuk siswa pindahan luar daerah,” ungkap Sartini.

Lebih jauh, semua ketentuan yang diberlakukan dalam penerimaan peserta didik baru di Kota Kendari dimaksudkan untuk pemerataan jumlah siswa di seluruh sekolah yang ada. Pasalnya, tidak jarang kasus, suatu sekolah kewalahan dengan jumlah siswanya, sedang sekolah lain mengalami kekurangan siswa. “Tujuan kita supaya semua terdistribusi secara merata. Soal apakah semua terakomodir, kita yakin kalau tersebar secara adil, semua siswa pasti mendapatkan sekolah yang layak untuk tempatnya belajar. Kalaupun tidak, ya sekolah saja dulu di sekolah terbuka,” pungkasnya.
(m1/ima/b)

Ketentuan PPDB Kota Kendari

1. Jenjang SD :
Kuota : 12.800 Tersebar di 128 Sekolah
Persyaratan : Usia maksimal per 1 Juli sudah 7 tahun.
Berlaku sistem zonasi
Masa Pendaftaran : 1-4 Juli (online)
Website : www.ppdb.sd.kotakendari.go.id.

2. Jenjang SMP
Kuota : 4.695 Tersebar di 38 Sekolah
Persyaratan : Usia maksimal per 1 Juli 15 tahun
Berlaku sistem zonasi
Berlaku syarat prestasi
: Mengisi hasil belajar SD
Masa Pendaftaran : 1 – 4 Juli 2017 (online)
Website : www.ppdb.smp.kotakendari.go.id

3. Jumlah lulusan SD 6.464 orang
4. Jatah kuota 4.695 di SMP
5. Masih ada lagi kuota di Mts.

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top