Kasus Dugaan Penimbunan Hutan Mangrove di Konut, Direktur PT DMS Mangkir – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Kasus Dugaan Penimbunan Hutan Mangrove di Konut, Direktur PT DMS Mangkir

Ilustrasi penimbunan mangrove.

kendaripos.fajar.co.id — Penyidik Subdit IV Tipiter Direskrimsus Polda Sultra telah melayangkan panggilan permintaan keterangan kepada Direktur PT Dwi Multiguna Sejahtera (DMS), Linda sejak beberapa waktu lalu. Pemeriksaan dijadwalkan usai lebaran, namun hingga saat ini yang bersangkutan belum hadir alias mangkir. Linda dipanggil untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan penimbunan yang dilakukan perusahaan di kawasan hutan mangrove di Desa Tokowuta, Lasolo, Konawe Utara.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh menegaskan telah menjadwalkan pemeriksaan kepada Linda pada pekan ini. Penyidik akan kembali melayangkan surat panggilan. “Belum jelas. Tapi kami pastikan dia (Linda-Red), akan kami periksa,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Senin (3/7).

Menurut Kompol Dolfi pada tahapan ini, penyidik akan meminta klarifikasi yang bersangkutan terkait kawasan hutan mangrove yang rusak. PT Dwi Multiguna Sejahtera diduga menimbun kawasan hutan mangrove, untuk menjadi jalur menuju jetty. Seperti apa nantinya? Ini masih tahap klarifikasi. “Pada intinya unsur melawan hukum sudah terlihat. Tinggal melakukan klarifikasi kepada pimpinannya. Jika benar-benar melanggar, maka perkara ini akan ditingkatkan statusnya,” ungkapnya.

PT DSM telah lama beroperasi, dan diketahui telah beberapa kali melakukan pengapalan. Sejauh ini, penyidik juga berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Konut untuk meyakinkan bahwa kawasan yang dilalui PT DMS adalah kawasan hutan. Sebelumnya kasus ini berawal dari laporan masyarakat. Memang didalam IUP PT DMS itu tidak ada masalah, semua sudah sesuai dengan aturan, namun ada jalan yang menuju jetty perusahaan yang menerobos kawasan hutan lindung mangrove. (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top