Harga Sayur-mayur Naik, Juni 2017 Inflasi Kendari Tertinggi Se Sulawesi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Harga Sayur-mayur Naik, Juni 2017 Inflasi Kendari Tertinggi Se Sulawesi

kendaripos.fajar.co.id — Pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menunjukkan, Kota Kendari mengalami inflasi hingga 3,58 persen. Cukup mencengangkan karena Mei lalu, inflasi Kota Kendari hanya 0,68 persen. Melonjaknya harga sejumlah komoditi pangan, utamanya sayuran dinilai jadi pemicu utama kenaikan angka inflasi selain melonjaknya harga ikan laut. Di sisi lain, tarif angkutan udara juga turut menyumbang angka inflasi.

Saat merilis berita resmi statistik pada hari Senin (3/7), Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sultra, Minot Purwahono mengatakan, beberapa komoditi pangan penyumbang inflasi terbesar adalah bayam, kangkung, kacang panjang, sawi hijau, terong panjang, kelor, jantung pisang, ikan cakalang serta ikan kembung. Ditambah dengan kenaikan tarif listrik dan angkutan udara.

“Bahan makanan sumbang inflasi 12,93 persen, transpor, komunikasi dan jasa keuangan 1,08 persen, kesehatan 0,92, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,62 persen, sandang 0,35 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,08 persen. Serta pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,02 persen,” urainya.

Sebaliknya, komoditas yang memberikan sumbangan deflasi adalah bawang merah, sagu, bawang putih, makanan dan minuman ringan, gaun wanita, kemeja panjang sersin wanita, sabun cream detergen, pembersih lantai dan lemari es. “Secara umum, dari 11 kota di Pulau Sulawesi, semua kota tercatat inflasi. Tertinggi di Kota Kendari 3,58 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 128,17 sedangkan inflasi terendah tercatat di Palu 0,76 persen dengan IHK 132,10. Adapun inflasi nasional pada bulan Juni tercatat 0,69 persen,” tutup Atqo. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top