Diskepora Sultra Bakal Rekrut 20 Atlet PPLP Baru, Dua Cabor Kurangi Atlet – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

Diskepora Sultra Bakal Rekrut 20 Atlet PPLP Baru, Dua Cabor Kurangi Atlet

Atlet PPLP Sepak Takraw Sultra. Dok/KP

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Sultra akan merekrut 20 atlet yang akan dibina dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Pasalnya, beberapa atlet binaan akan segera menamatkan bangku SMA. Apalagi, tahun ini cabang olahraga karate telah diakomodir bergabung dalam PPLP. Sesuai jadwal, proses pencarian bakat bibit atlet baru akan dilaksanakan pada bulan Juli ini.

Kabid Pembinaan Prestasi Diskepora Sultra, Ashari Ahmad mengatakan pembinaan atlet di PPLP sebanyak enam cabor yakni dayung, pencak silat, sepak takraw, taekwondo, atletik dan karate. Namun dari enam cabor ini, hanya empat cabor yang bakal merekrut atlet baru. Sementara dua cabor lainnya harus mengurangi masing-masing satu atlet, karena bergabungnya karate dalam binaan PPLP saat ini. Empat cabor tersebut yaitu dayung yang akan merekrut delapan orang. Pencak silat sebanyak silat lima atlet, sepak takraw dua orang dan karate lima atlet.

“Sebenarnya pencak silat juga harus mengurangi satu atlet, namun yang menamatkan SMA sebanyak enam orang, sehingga hanya mencari lima bibit atlet baru. Sementara atletik dan taekwondo masing-masing hanya seorang atlet yang tamat SMA. Namun harus mengurangi dua atlet maka kedua cabor harus mengurangi masing-masing satu atlet,” ungkapnya.

Sebelum karate di PPLP, dayung membina 20 atlet, sepaktakraw 16 orang, pencak silat 13 atlet, taekwondo 7 orang dan atketik 10 atlet. Namun saat ini komposisi kuota atlet berubah, dimana pencak melatih 12 orang, taekwondo tinggal 5 atlet dan atletik hanya membina 8 orang dan lima orang karateka.

“Kami sudah mendapat restu Kemenpora untuk menambah cabor tanpa menambah jumlah atlet binaan yang totalnya berjumlah 66 orang. Olehnya untuk memasukan lima atlet karate, kami harus mengurangi satu pencak silat, sementara taekwondo dan atletik masing-masing dua orang,” jelasnya.

Secara terpisah, Kadiskepora Sultra, Jaya Bhakti mengungkapkan, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan pencarian bibit atlet yang akan dibina di PPLP. Sebagai langkah awal tim akan melakukan telescouting untuk melihat bakat alami mereka yang dibina secara rutin dan terarah. “Namun jika peminat lebih banyak dari kuota, maka kita akan melakukan seleksi,” tutupnya. (b/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top