Arus Penumpang Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Utara

Arus Penumpang Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal

kendaripos.fajar.co.id — Puncak arus balik penumpang kapal penyeberangan dari Pelabuhan Siwa, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Tobaku, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah berakhir sejak pekan lalu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kali ini jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan menggunakan armada feri mengalami penurunan.

Syahbandar Pelabuhan Tobaku, Ikbar saat dikonfirmasi Senin (3/7) mengakui, jumlah penumpang di pelabuhan saat ini sudah kembali normal. Armada angkutan laut kini beroperasi normal seperti hari-hari biasa. “Sudah sepi penumpang. Terkecuali kendaraan-kendaraan angkut barang yang tetap memenuhi isi kapal melakukan penyeberangan setiap hari,” ujarnya, kemarin.

Ikbar menjelaskan, selama pemantauan di lapangan sejak arus mudik dan balik tahun ini berbeda dari sebelumnya dan jumlah penumpang mengalami penurunan. “Bisa jadi ini menandakan hasil perekonomian masyarakat menurun. Ya pulang kampung kan harus butuh biaya karena musim ini saya pikir hasil panen kakao dan cengkih berkurang,” prediksinya.

Namun ia juga menduga, kondisi tersebut dipengaruhi ramainya warga yang melakukan mudik-balik melalui perjalanan darat (melingkar) dari Kolut-Luwu Timur (Sulsel) karena kondisi jalan yang semakin baik. Selama pengawasan pihaknya, arus penyeberangan penumpang dan barang aman dan lancar tanpa kendala sejak pra dan pasca Idul Fitri. “Kalau kurang penumpang bisa hanya satu armada yang dioperasikan. Tapi kami kami akan tetap menginfokan setiap hari jadwal penyeberangan,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top