PARAH! Jalan Poros Rusak, Warga Pilih Tanam Kelapa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

PARAH! Jalan Poros Rusak, Warga Pilih Tanam Kelapa

kendaripos.fajar.co.id BURANGA- Kondisi sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Buton Utara (Butur), rusak parah. Meski begitu, sampai kini akses transportasi tersebut tak kunjung dibenahi. Warga yang resah pun mulai kehilangan kesabaran. Sebagai bentuk protes, warga memblokakir jalan dengan menanam pohon kelapa tepat di tengah jalan tersebut.

Mereka berharap, Pemprov Sultra selaku pihak yang bertanggung jawab segera datang ke Butur melakukan pembenahan. Ruas jalan yang dijadikan lahan perkebunan setempat itu menjadi tontonan masyarakat yang hendak melintas. Meski ditanami kelapa, kendaraan masih bisa melintas pada jalan yang menghubungkan Ereke dan Baubau itu. “Ada empat pohon kelapa yang ditanam warga di tengah jalan rusak parah di SP 10 Kecamatan Bonegunu,” ujar La Tinusa, Warga Kecamatan Bonegunu, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya menuturkan, meski bukan menjadi kewenangan mereka membenahi jalan provinsi, namun pihaknya telah mengerahkan alat berat untuk menimbun jalan rusak tersebut. “Saya sudah kerahkan alat berat untuk menimbun jalan yang rusak setelah hujan mengguyur Butur dua bulan terakhir,” ujar mantan Kepala Bidang Bina Marga PU Butur ini.

Wawan Wardaya menambahkan, pengaspalan jalan provinsi yang melintasi Buton Utara tak bisa terwujud tahun ini. Berdasarkan hasil konsultasi dengan Dinas PU Sultra, pembenahan jalan sepanjang 109 kilometer tersebut tak diporsikan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2017. Pemprov hanya menggelotorkan anggaran Rp 3,5 miliar untuk perawatan jalan provinsi di Buton Utara. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top