Lima Penyebab Gatal Pada Kulit Kepala – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Lima Penyebab Gatal Pada Kulit Kepala

kendaripos.fajar.co.id — Kulit merupakan bagian terluar yang dimiliki tubuh manusia. Kulit kepala merupakan satu bagian dari tubuh manusia yang keberadaannya ditutupi oleh rambut. Maka, otomatis hal ini akan menyebabkan kulit kepala menjadi bagian yang sangat lembab. Dan seperti yang kita ketahui, bagian tubuh yang lembab akan bisa diserang berbagai gangguan, termasuk gangguan gatal di kulit kepala.

Berikut ini beberapa penyebab gatal pada kulit kepala, seperti dilansir laman Health, Minggu (2/7).

1. Ketombe.

Sebanyak 50 persen orang Amerika berjuang dengan ketombe, termasuk kulit kepala kering, gatal dan serpihan putih.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh jamur seperti ragi yang disebut Malassezia, meski kulit kering atau reaksi terhadap produk rambut tertentu juga bisa disalahkan. Pilihan pengobatan berlimpah. Ada berbagai shampo ketombe yang tersedia di toko.  Pilihan lain adalah mencoba pengobatan rumahan untuk mengatasi ketombe seperti minyak kelapa, cuka sari apel atau lidah buaya.

2. Dermatitis seboroik.

Pada bayi, dermatitis seboroik dikenal sebagai cradle cap dan menyebabkan bercak tebal dan bersisik pada kulit kepala bayi (ini bukan hal yang sama dengan eksim). Namun, orang dewasa bisa mendapatkan kondisi kulit ini juga, dalam hal ini merupakan pembengkakan folikel rambut dan dianggap sebagai bentuk ketombe yang parah. Dermatitis seboroik adalah hasil peradangan folikel rambut dan sangat umum. Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan dermatitis seboroik, tapi bisa diobati dengan krim steroid (seperti hidrokortison dan fluokinolon).

3. Kutu rambut.

Biasa terjadi pada anak-anak, kutu bisa menyebabkan gatal. Binatang kecil bisa dilepas dengan teknik nitpicking dan combing yang melibatkan menariknya dengan hati-hati dari rambut dengan sisir khusus. Atau Anda bisa memilih sampo yang mengandung pyrethins / pyrethrum.
Pilihan perawatan kutu lainnya meliputi lotion permetrin 1 persen dan obat alami seperti minyak zaitun dan mayones.

4. Dermatitis kontak.

Ini adalah reaksi kulit yang umum yang disebabkan kontak dengan bahan yang mengakibatkan Anda alergi atau sensitif, seperti nikel, lateks atau jenis makeup tertentu. Hasilnya adalah ruam yang mungkin teriritasi, gatal, retak atau meradang di kulit kepala. Penyebab yang paling umum adalah paraphenylenediamine (PPD), bahan pewarna rambut. Kabar baiknya, menghentikan penggunaan bahan yang yang menyebabkan reaksi pada kulit biasanya akan bisa mengatasi hal tersebut dan jika tidak, tersedia pilihan pengobatan. Dermatitis kontak bisa diobati dengan steroid topikal atau dengan menargetkan dan menyingkirkan agen yang menyebabkan alergi.

5. Kurap.

Kurap yang disebabkan infeksi jamur juga bisa muncul di kulit kepala. Kurap pada kulit kepala paling sering terlihat pada anak kecil (sangat menular dan mudah menyebar dengan mudah di sekolah) dan bisa menyebabkan ruam dan gatal serta rambut rontok. (fny/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top