Muat 80 Penumpang, Kapal Cepat Terbakar di Tengah Laut – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Muat 80 Penumpang, Kapal Cepat Terbakar di Tengah Laut

Ilustrasi kapal terbakar.  

KENDARIPOS. CO. ID — Pelayanan kapal cepat KM Tawindo II yang membawa 80 penumpang dari Tawau, Malaysia tujuan Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), terhenti di sekitar perairan Tanjung Haus, Kabupaten Nunukan, Jumat (30/6), sekira pukul 13.15 Wita.

Informasi yang diperoleh, terhentinya pelayaran KM Tawindo II tersebut karena mengalami kebakaran di kamar mesin. Sebelumnya, KM Tawindo II yang dinakhodai Mansur bertolak dari Tawau sekira pukul 11.00.

Saat melintas di sekitar perairan Tanjung Haus (Karang Banda) pada titik koordinat 03°-49′-839″ N/ 117°-58′-953″ E, mesin sebelah kiri terbakar. 15 menit kemudian, api berhasil dipadamkan anak buah kapal (ABK).

Hanya saja, kapal tidak dapat melanjutkan perjalanan menuju Tarakan. Sementara penumpang dievakuasi menggunakan speedboat lain, setelah mendapat bantuan dari tim gabungan di antaranya Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, TNI AL, Polair, dan Basarnas.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Tarakan Abdul Rahman mengatakan, karena terbakar mesin pun mengalami kerusakan sehingga kapal tidak bisa melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Malundung Tarakan.

“Semua penumpang sudah kami evakuasi dengan empat speedboat kecil dan besar. Termasuk juga dengan kru kapal dan tidak ada korban jiwa. Semuanya selamat,” singkatnya.

Jecklin, salah seorang penumpang KM Tawindo II yang ditemui setelah tiba di Pelabuhan Malundung, mengaku sempat melihat asap mengepul. Dia pun sempat panik dan buru-buru memakai life jacket. Begitu juga dengan penumpang lainnya.

“Bahkan ada yang menangis,” ujar perempuan berkewarganegaraan Malaysia ini. “Tapi kami tetap berdoa sesuai agama masing-masing. Bersyukur bisa selamat,” sambungnya. (*/ell/fen/fab/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top