Kelaikan Angkot Kota Kendari Diperiksa, Sopir Tes Urine – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kelaikan Angkot Kota Kendari Diperiksa, Sopir Tes Urine

Dishub Kota Kendari tengah melakukan pemeriksaan kepada para supir angkot di Kota Kendari. Foto : Alfin/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Perhubungan Kota Kendari bekerja sama Polres Kendari dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Kendari kembali melakukan pemeriksaan gabungan jelang mudik lebaran. Kali ini sasarannya adalah kendaraan umum dan para sopir di Kota Kendari. Puluhan kendaraan diperiksa kelengkapannya dan para sopir dilakukan tes urine untuk pemeriksaan narkoba. Tim gabungan turun di tiga titik diantaranya kantor Dishub Kota Kendari dan pos retribusi Lepolepo.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Kota Kendari, Agus Sutarto mengemukakan pemeriksaan itu dilakukannya dalam rangka memenuhi aspek keamanan dan kenyamanan penumpang angkutan umum.  Selain itu juga, dimaksudkan sebagai bentuk pengawasan terhadap para sopir terhadap potensi penyalahgunaan narkoba.

“Kita periksa mulai dari surat-surat kendaraan, kondisi fisik angkutan dan kelengkapan pengemudi seperti SIM. Selain itu, mereka juga kita tes narkoba, untuk memastikan pengemudi ini tidak sedang ataupun merupakan pengguna narkoba. Karena itu sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang terutama masa mudik begini apalagi jumlah penumpang bertambah,” ujar Agus, Rabu (21/6).

Puluhan angkutan kota (angkot), taksi dan truk diperiksa. Salah satu item pemeriksaan, kata Agus, yakni surat pajak kendaraannya. Hal itu untuk memastikan, sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak kendaraan dan retribusinya dapat dimaksimalkan. “Kalau yang mati pajak, ya kita tilang. Karena itu mengurangi potensi PAD kita,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Kendari, Murniaty mengatakan pemeriksaan narkoba kepada para sopir dilakukan dengan mengambil sampel urine dan diperiksa di laboratorium. Selain urine, pemeriksaan juga difokuskan pada tensi darah. “Kalau urine, besok (hari ini-red) hasilnya baru keluar. Tapi kalau tekanan darah, rata-rata mereka (sopir) tensinya tinggi. Mungkin karena faktor begadang dan kelelahan. Sangat penting menjauhi narkoba jenis apapun, karena membahayakan nyawa sopir dan penumpang,” ujar Murniaty.

Pantauan Kendari Pos, para sopir juga diberi peringatan agar mengutamakan keselamatan diri dan penumpang saat berkendara daripada mengejar rupiah. Selain itu, mereka juga diminta memerhatikan kelengkapan dan kelaikan kendaraan. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top