Ramadan, Volume Sampah Naik Hingga … – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Ramadan, Volume Sampah Naik Hingga …

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Ramadan ternyata tidak saja soal ibadah dengan nilai pahalanya yang meningkat. Puasa ternyata juga meningkatkan pola konsumsi masyarakat. Itu bisa dilihat dari volume sampah yang dihasilkan warga kota ini, setidaknya selama 25 hari Ramadan yang telah berlalu.

Jika hari biasa setiap bulannya, sampah yang diurus Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari hanya mencapai 150 ton per harinya, maka di bulan puasa ini jumlahnya meningkat tajam. Tercatat, produksi sampah warga kotaq naik menjadi 180 ton, atau bertambah 30 ton.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DLHK, Nur Rasak, Selasa (20/6). Dikatakannya, pola konsumsi yang meningkat disebabkan kecenderungan masyarakat mengonsumsi makanan jadi selama ramadan. “Jadi mereka lebih suka beli yang instan, atau yang dalam kemasan, utamanya untuk buka puasa. Sehingga, sisa kemasan itulah yang jadi sampah bertumpuk-tumpuk,” jelasnya.

DLHK Kota Kendari pada akhirnya harus bekerja lebih ektra dibanding hari biasa. Bahkan, banyak petugas pengangkut sampah yang mengaku kewalahan karena bekerja pagi hingga siang pun, belum semua sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bisa terangkut untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu.
“Jadi petugas kita sekarang hanya fokus angkut sampah. Mereka dibagi dua shift, pagi dan siang. Kalau sebelumnya habis angkut sampah bisa kerja bakti, sekarang saking banyaknya sudah tidak sempat lagi,” sambungnya.

Untuk itu, dengan jumlah tenaga angkut sampah sebanyak 190 orang dan armada mobil pengangkut sampah 48 unit, DLHK berupaya memaksimalkan kinerja. Pasalnya, Kota Kendari dalam menyambut hari raya Idul Fitri harus tampak bersih dari sampah yang berserakan. “Kita upayakan bisa terjangkau semua sampahnya. Sekalipun petugas kita dalam kondisi berpuasa, mereka tetap semangat untuk bekerja,” pungkasnya. (m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top