Dua Anggota KPU Konsel Dituntut 20 Bulan Kurungan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Selatan

Dua Anggota KPU Konsel Dituntut 20 Bulan Kurungan

Ilustrasi. Foto: pixabay

kendaripos.fajar.co.id — Karier Sutamin Rembasa dan Yusran berakhir dengan cerita tak elok. Dua orang anggota KPU Konawe Selatan (Konsel) itu sekarang sedang menanti vonis hakim yang menyidangkan perkara korupsi yang membelit keduanya. Jaksa sudah meminta hakim, lewat proses tuntutan, agar Sutamin dan Yusran dihukum 20 bulan penjara, karena menilep duit negara.

Tuntutan kepada keduanya dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Konsel, Selasa (20/6) dalam sebuah persidangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pengadilan Tipikor Irmawati Abidin, SH,MH. Jaksa menyebut, kedua terdakwa bersalah dan terbukti melakukan tindak pidana korupsi “Mereka memperkaya diri sendiri atau korporasi. Kami tuntut satu tahun 10 bulan penjara, denda Rp 50 Juta Subsider tiga bulan penjara, dipotong masa tahanan yang sudah dijalani dalam proses persidangan,” tuturnya.

JPU juga dalam persidangan menjelaskan sejumlah barang bukti milik terdakwa Sutamin Rumbasa juga telah dikembalikan ke jaksa untuk  dipergunakan dalam pokok perkara terdakwa Yusran. Sementara itu barang bukti terdakwa Yusran juga telah kembalikan kepada saksi Jawaludin, KPU Konsel serta terdakwa Yusran sendiri. “Barang buktinya itu seperti bukti perintah surat pembayaran. Bukti kontrak sewa kendaraan, SK komisioner dan bukti-bukti lainnya,” tutupnya.

Usai membacakan tuntutannya, persidangan kemudian diambil alih oleh Ketua Majelis, yang memberikan kesempatan kedua terdakwa untuk mengajukan pembelaan atau pledoi, atas tuntutan yang diberikan oleh JPU Kejari Andoolo.

“Karena kasus ini sudah melewati batas yang seharusnya dijadwalkan, kami percepat persidangan kasus ini. Kami berikan kesempatan sampai tanggal 3 Juli, untuk pembelaan agar pledoinya bisa dilakukan 5 Juli, dan bisa putus tanggal 10 Juli. Karena melihat masa tahanan kedua terdakwa sampai 18 Juli saja,” tuturnya sambil menutup persidangan. (kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top