Benahi Jalan, Dinas PU Kendari Usul Anggaran Rp 400 Miliar di Kementerian – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Benahi Jalan, Dinas PU Kendari Usul Anggaran Rp 400 Miliar di Kementerian

Dok/KP

kendaripos.fajar.co.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus mengupayakan sumber anggaran lain selain Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menyokong anggaran dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan nanti. Salah satunya melalui usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke pusat.

Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari dalam hal ini mengusulkan DAK senilai Rp 400 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR). Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai beberapa proyek jalan yang tengah dikerjakan di metro ini. “Saya sudah ajukan pekan lalu ke pusat,” kata Kepala Bidang Bina Marga, PU Kota Kendari, Tigor Selasa, (20/6).

Proyek dimaksud yang masuk dalam usulan DAK itu terutama untuk membiayai pengerjaan jalan lingkar (ring road) yang kini tengah digenjot pengerjaannya. “Salah satunya itu lingkar luar yang dari Kantor Camat Abeli sampai Abeli dalam. Itu jalan lebar 40 meter,” sambungnya.

Selain untuk pengerjaan jalan lingkar, DAK yang diusulkan juga untuk keperluan pembenahan jalan yang ada di Kota Kendari. “Apalgi beberapa bulan terakhir hujan terus, otomatis banyak jalan dan jembatan yang rusak,” paparnya.

Tigor menambahkan, pihaknya berharap usulan tersebut mendapatkan restu Kementerian. Pasalnya, sesuai dengan persyaratan alokasi DAK, proyek yang masuk dalam usulan dirasa sudah memenuhi syarat. “DAK itu kan untuk jalan yang kategori rusak parah dan sedang. Nah yang kita usul ini memang rusak total, bahkan proyek yang belum selesai dan butuh tambahan modal,” tuturnya.

Untuk itu, Tigor mengaku optimis usulannya dapat disetujui mengingat pada 2016 lalu Pemkot juga menerima kucuran DAK senilai 98 miliar. “Kalau di setujui, kita akan usul lebih lagi nanti. Jelasnya kita tunggu saja sampai penentuan APBN-Peruahan ya,” tutupnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top