Awas! Wartawan Palsu Berkeliaran, Nih Korbannya …. – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Awas! Wartawan Palsu Berkeliaran, Nih Korbannya ….

KENADRIPOS.CO.ID – Bermodalkan sebuah ID Card wartawan surat kabar bulanan “Semangat Karya” yang bermarkas di Jalan Khairil Anwar Nomor 56 Kendari, Syahrun berkeliaran menipu di Kolaka Utara (Kolut). Ia dilaporkan ke Polres Kolut karena telah menipu puluhan kepala desa (kades) dan kepala sekolah (kepsek). Syahrun meminta sejumlah duit dengan mengaku pimpinan media.

Syahrun dilapor oleh seseorang yang mengklaim pimpinan surat kabar bulanan tersebut yakni Muh. Anwar Muha akhir pekan lalu. Berdalih menagih duit langganan koran dan duit iklan milik medianya, Syahrun selama sebulan berkeliaran di Kolut. Wartawan palsu itu mengutip duit sebesar Rp. 15 juta selama beraksi.

Kasat Reskrim Polres Kolut, AKP Mohammad Salman mengatakan Syahrun mendatangi sejumlah kades maupun kepsek sekolah dengan alasan menagih. Bermodal stempel, kwitansi dan tandatangan yang di scanner, Syahrun memerdayai korbannya. “Baru pelapor kami mintai sejumlah keterangan,” ujar AKP Mohammad Salman, Minggu (18/6) kemarin.

Pihaknya masih menelaah laporan tersebut guna penyelidikan lebih lanjut. Ia hanya mengigatkan para kades agar berhati-hati menerima oknum yang mengatasnamakan wartawan atau media hanya dengan modal ID Card atau surat tugas karena hal itu mudah untuk dibuat di percetakan.

Penelusurna koran ini dari berbagai sumber, tak satupun yang mengenal atau mengetahui koran bulanan bernama “Semangat Karya”, sebagaimana alamat yang tercantum dalam selembar proposal yang ditemukan di sekolah-sekolah berisi permohonan dana. (rus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top