LPJ Belum Tuntas, Dana Desa di Buton Tak Dicairkan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton

LPJ Belum Tuntas, Dana Desa di Buton Tak Dicairkan

ILUSTRASI

kendaripos.fajar.co.id — Hingga kini, pencairan Dana Desa (DD) di Kabupaten Buton belum juga terealisasi. Persoalannya karena seluruh Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) realisasi penggunaan DD semester II pada tahun 2016 lalu, tak juga dirampungkan. “Kami dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) terus berupaya mempercepat realisasi DD ini. Tapi semua terkendala lagi dengan laporan realisasi penggunaan anggaran dari beberapa kepala desa,” kata Kepala DPMD Kabupaten Buton, Alimani saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, berbagai cara dilakukan agar para kepala desa bisa membuat LPJ. Mulai dengan menggelar pelatihan, memberikan pemahaman terkait petujuk penyusunan laporan hingga pendampingan secara langsung. “Tetapi masih ada juga yang belum mampu merampungkan laporan. Data yang ada saat ini, baru sekitar 90 persen yang telah tuntas. Sementara sisanya sementara diupayakn. Akibatnya pencairan DD mengalami keterlambatan. Karena dokumen administrasi seluruh desa di Buton harus lengkap semua baru bisa kita setor ke Kementerian Desa,” terang Alimani.

Dari beberapa yang belum merampungkan LPJ, terdapat satu desa yang administrasinya cukup rumit dituntaskan, yakni Kekenaule. Itu karena keberadaan kepala desanya tak diketahui di mana. Saat ini kami sedang mencari solusi melalui sekretaris desanya,” sambung Kepala DPMD Buton.

Belum cairnya DD tersebut, mengakibatkan perekonomian masyarakat lesu. Apa lagi, menghadapi Idul Fitri dan tahun ajaran baru, tentu masyarakat membutuhkan uang. Padahal, jika pencairan DD dapat dipercepat, maka berbagai pekerjaan proyek di desa akan berjalan. Sehingga perekonomian masyarakat bisa bergerak. “Makanya, semua kita upayakan bisa rampung. Setelah itu, langsung kita bawa ke kementerian agar dananya ditrasfer ke kas daerah,” janji Alimani. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top