38 Calon Kadis Tes Baca Quran, Hanya 1 yang Fasih, lainnya…… – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

38 Calon Kadis Tes Baca Quran, Hanya 1 yang Fasih, lainnya……

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Tahapan pelaksanaan seleksi Jabatan Pratama Tinggi (JPT) untuk memerebutkan sembilan kursi kepala dinas terus berlangsung. Sebanyak 38 peserta mengikuti tes baca Al Quran, Kamis (15/6) kemarin. Hasilnya, mengecewakan. Kemampuan membaca kalam ilahi dari calon Kadis tersebut rata-rata dibawah standar. Bahkan, ada yang sama sekali tidak bisa membaca huruf Quran. Mereka mengikuti tes di kantor BKPSDM Kota Kendari.

Hal itu disampaikan oleh Ustad Jahadah, selaku panitia penguji kemampuan baca Quran peserta. Dikatakannya, semua peserta memiliki kemampuan yang jauh dari harapan. Dari 34 peserta yang diujinya, hanya satu orang yang fasih membaca kitab suci umat Islam tersebut.

“34 yang saya tes, hanya satu yang menguasai tajwid dan hukum bacaan lain. Tiga peserta lumayan baik. Selebihnya, kemampuannya masih sangat mengecewakan. Bahkan ada dua orang peserta yang sama sekali tidak bisa membaca Quran,” ujar Ustad Jahadah kepada Kendari Pos, kemarin.

Kondisi itu menurut Jahadah, diluar ekspektasinya. Awalnya, dirinya berharap kemampuan baca Quran peserta seleksi sudah cukup fasih. “Tetapi ternyata diluar dugaan. Ini tentu ironi, karena mereka ini adalah pejabat publik, teladan masyarakat,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Kepala BKPSDM Kota Kendari, Zainal Arifin mengaku kaget. Dirinya tidak menduga para peserta hanya memiliki kemampuan sebatas itu. Selanjutnya, kondisi tersebut akan dievaluasi oleh Pemkot. “Kita akan perbaiki ini. Perda baca Quran sebenarnya sudah ada. Maka dari itu, kami akan minta mereka untuk belajar sungguh-sungguh,” katanya.

Zainal menjelaskan hasil tes baca Quran ini akan diakumulasikan nilainya dengan hasil tes bidang lain. Lalu ditentukan siapa yang memenuhi syarat atau tidak.

“Nilainya kita akan gabung dengan tes makalah, kompetensi, akademik dan lainnya. Dijumlahkan dengan hasil asessmen dan kita tentukan hasil akhirnya,” beber Zainal.

Tahapan asesmen akan dimulai hari ini dan berlangsung hingga Minggu nanti. Hasilnya akan diumumkan pada pekan berikutnya. “Hari ini tim asessor dari Makassar akan menguji peserta. Hasilnya, kemungkinan Kamis depan kita umumkan,” pungkasnya. (p1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top