Subhanallah, “Ngabuburit” Muda Mudi di Butur, Bersih-bersih Masjid dan Bagi Alat Salat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Buton Utara

Subhanallah, “Ngabuburit” Muda Mudi di Butur, Bersih-bersih Masjid dan Bagi Alat Salat

kendaripos.fajar.co.id — Menyatukan diri dalam komunitas Rumah Inspirasi Masyarakat (RIM) Buton Utara, anak-anak muda dari Ereke memberi nilai lebih saat menunggu buka puasa. Daripada ngobrol tanpa makna, lebih baik bersihkan masjid.

Hadrian Indra Mapa, Buranga

Pemandangan di sekitar masjid Keraton Kulisusu, Senin (12/6) sore lalu terlihat lebih ramai dari biasa. Rumah ibadah yang jadi saksi sejarah masuknya peradaban Islam di Kabupaten Buton Utara itu sedang dipadati puluhan anak muda. Bukan untuk hangout atau bergunjing masalah lawan jenis. Anak-anak yang beranjak dewasa itu masing-masing sibuk menyusuri tiap sudut masjid, membersihkannya dari debu dan rumput meranggas.

Ini adalah program Ramadan dari RIM.  Menyambagi rumah-rumah ibadah untuk dibersihkan. Kali ini Masjid Keraton menjadi target.  Hanya  mengandalkan tangan kosong dan peralatan seadanya untuk membersihkan halaman maupun di dalam masjid bersama puluhan rekan sejawatnya.  Puluhan remaja itu   tampak semangat. Kendati telah menahan lapar dan dahaga. Sekali-kali canda tawa terdengar menyelingi aktivitas mereka.

Satu jam telah berlalu. Sekililing halaman masjid mulai tampak bersih dan indah. Sampah  yang sebelumnya bertebaran dan mengeluarkan aroma kurang sedap di sekitar  halaman dan dalam masjid  mulai steril. Kendati keletihan dan bercucuran keringat. Tak ada keluhan capai dari bibir para anak-anak muda yang usianya 20 tahunan itu.

Semangat nampak tergambar jelas dari raut wajah mereka masing-masing, kendati sedang menunaikan ibadah puasa menahan dahaga dan lapar. Mereka mengaku bersyukur bisa mengisi Ramadan dengan aktivitas positif dan bernilai ibadah. Tak hanya menggaungkan gerakan peduli kebersihan masjid, kelompok yang personilnya rata-rata baru menyelesaikan studi di perguruan tinggi itu memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk berbagi kepada sesama. Kendati tak memberikan uang tunai, remaja itu secara swadaya  mengumpulkan uang pribadi  untuk membeli perlengkapan alat salat kemudian dibagikan secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sasarannya pun, anak- anak sekolah dasar yang belum memiliki perlengkapan alat salat. Kebanyakan anak-anak muslimah ditemukannya belum memiliki kerudung atau mukkenah sehingga enggan salat di rumah maupun di masjid. Harapannya, anak-anak dapat menjalankan ibadah dengan intens dengan perlengkapan yang komplet dan suasana masjid yang bersih.

Ketua Rumah Inspirasi Masyarakat (RIM) Butur, Wa Ode Veby menuturkan, kepedulian anak-anak muda  akan kebersihan rumah-rumah ibadah belakangan ini memang tergerus seiring berjalannya waktu. Nyaris tak ditemukan lagi remaja menghabiskan waktunya di Rumah-rumah Allah miminal turut berkontribusi peduli akan  kebersihan sekaligus memakmurkannya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top