Dua Kecamatan di Buton Utara Kekurangan Guru – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Buton Utara

Dua Kecamatan di Buton Utara Kekurangan Guru

Ilustrasi guru mengajar di kelas.

kendaripos.fajar.co.id — Distribusi tenaga pendidik di Kabupaten Buton Utara (Butur) belum sepenuhnya merata. Dua kecamatan di daerah kendali Bupati, Abu Hasan itu masih kekurangan tenaga pendidik berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya untuk beberapa guru mata pelajaran. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara harus memberdayakan ratusan guru kontrak yang dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Agus Pria Budiana menuturkan, beberapa satuan pendidikan di Kecamatan Kambowa dan Bonegunu memang masih kekurangan tenaga pendidik khusus untuk khusus mata pelajaran tertentu. Kendati demikian, Agus menegaskan, kekurangan tersebut tak menghambat proses belajar mengajar di sekolah. “Kami merekrut tenaga kontrak atau honorer. Kurang lebih dibutuhkan 50 pendidik untuk mata pelajaran agama, biologi dan bahasa inggris serta guru kelas” ujar Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya.

Mantan Camat Bonegunu ini menambahkan, kualitas tenaga kontrak yang direkrut tak kalah berkualitas dengan PNS. Hanya saja yang membedakan segi kesejahteraan melalui gaji guru kontrak masih sangat minim. “Gajinya yang diberikan sesuai kekuatan finansial daerah,” argumen Agus. (c/had)

Jumlah Tenaga Pendidik di Butur :
Guru TK
– PNS : 30 orang
– Honorer : 268 orang
Guru SD
– PNS : 612 orang
– Honorer : 95 orang
Guru SMP
-PNS : 265 org
– Honorer : 43 orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top