Lomba Pidato Kemenag Kendari, Perkenalkan Siswa Produk Halal – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Lomba Pidato Kemenag Kendari, Perkenalkan Siswa Produk Halal


Suasana lomba Pidato Gemar Halal yang diikuti siswa madrasah se Kota Kendari, Rabu (14/6). Foto : Waode Ismawati/Kendari Pos5

kendaripos.fajar.co.id — Kementrian Agama (Kemenag) Kota Kendari, menggelar lomba pidato gerakan masyarakat sadar (gemar) halal bagi siswa madrasah se Kota Kendari, Rabu (14/6). Tujuan lomba adalah meningkatkan pemahaman peserta didik, khususnya siswa MTs dan MA menganai produk-produk halal.

Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri, M.Pd., menjelaskan bahwa iven yang baru digagas tahun ini. Tak lain demi meningkatkan kesadaran serta pembudayaan produk halal dikalangan siswa MTs dan MA, agar memiliki pengetahuan dalam penggunaan produk.”Selain menambah wawasan, lomba ini juga melatih keterampilan anak-anak bagaimana berbicara baik dan benar didepan umum. Mereka tidak hanya mencari materi dan mempelajarinya. Akan tetapi juga melatih mental agar bisa tampil baik, tanpa ada rasa gugup dan takut,” ungkap Samsuri.

Lanjut dia, lomba tersebut melibatkan 14 peserta putra dan putri siswa MA dan 30 putra dan putri MTs. Peserta ditugaskan mencari dan memperdalam materi sendiri dengan tema gemar dan cinta produk halal. Melalui lomba ini, dia mengharapkan siswa madrasah dapat menanamkan kepedulian tentang kehalalan suatu produk, baik makanan, obat-obatan maupun barang-barang serta dapat memahami suatu produk yang dikonsumsi layak dari sisi kesehatan maupun dalam segi agama.

“Mereka dapat memastikan produk yang dikonsumsi adalah baik dan tidak terkontaminasi sesuatu yang haram. Artinya, produk tersebut memenuhi syarat kehalalan sesuai dengan syariat Islam,” bebernya.

Samsuri menambahkan, dalam sosialisasi gemar halal bukan hanya lomba tetapi juga mengedukasi siswa madrasah terkait gemar halal. Olehkarena itu, dalam iven itu digandeng juga LPPOM-MUI dan BNN Kota Kendari sebagai mentor. “Kedua mitra itu telah memaparkan semua yang menyangkut produk-produk halal. Kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin kedepannya. Tidak hanya melibatkan siswa lingkup madrasah tetapi juga sekolah umum, seperti SMP dan SMA sederajat,” pungkasnya. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top