Simak Nih, Jumlah Jaksa Nakal di Tahun 2016 – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Simak Nih, Jumlah Jaksa Nakal di Tahun 2016

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA – Komisioner Komisi Kejaksaan (Komjak RI) Ferdinand‎ Andi Lolo‎ mengatakan, dari data yang dimilikinya pada tahun 2016, setidanya ada 76 laporan dari masyarakat terkait jaksa yang berperilaku nakal. 76 jaksa itu dengan kasus macam-macam.

Hal ini dia katakan, setelah Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan (Hasel), Cristian Ratu Anik diduga melakukan pemerasan atau pemalakan uang ke sejumlah pengusaha.

“Ada 76 laporan yang diterima,” ujar Ferdinand kepada JawaPos.com, (Group kendaripos.fajar.co.id) Rabu (14/6).

Kendati demikian, dia tidak bisa mengingat secara pasti berapa laporan yang telah ditindak lanjuti itu. Kata Ferdinand, semua data 76 jaksa nakal itu sifatnya masih berupa laporan saja dari masyarakat dan masih perlu dilakukan verifikasi kebenaran hal itu.

Pasalnya tutur Ferdinand, tidak mungkin Kejaksaan Agung akan melakukan sidang etik dan menjatuhkan sanksi terhadap para jaksa itu tanpa ada bukti-bukti yang jelas. Oleh sebab itu masih dilakukan verifikasi terlebih dahulu dari Komisi Kejaksaan.

“Jadi kalau ada masyarakat laporkan jaksa nakal tapi tidak pakai data kan jadi susah juga,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, beredar screen capture percakapan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuha, Kabupaten Hasel, Cri‎stian Ratu Anik yang meminta uang ke pengusaha di Halsel.

‎Christian diduga melakukan percakapan dengan dalih meminjam yang karena sedang sakit. Jumlah uang yang diminta berkisar antara Rp 5 juta sampai 40 juta. Diduga uang itu merupakan bentuk kesepakatan dengan sejumlah oknum yang terlilit kasus besar yang sedang ditangani pihak Kejari Hasel.

Sedikitnya ada empat sampai lima orang yang menolak memberikan uang ke Cristian. Namun ada pula yang telah mengirimkan sejumlah uang ke rekening pribadinya. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top