Selisih 30 Suara, Hasil PSU Bombana Segera Dibawa ke MK – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Selisih 30 Suara, Hasil PSU Bombana Segera Dibawa ke MK

Suasana perhitungan suara di salah TPS yang menggelar PSU di Bombana.

kendaripos.fajar.co.id — Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Bombana tuntas dilaksanakan. Komisi Pemilihan Umum bahkan telah mengumumkan hasilnya dalam rapat pleno. Hasilnya, sama persis dengan pleno yang digelar ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dalam rapat pleno yang digelar Minggu (11/6) itu, diputuskan pasangan Tafdil-Johan memimpin dengan torehan 1.406 suara. Rifalnya, Kasra Munara-Man Arfa meraih 1.106 suara atau selisih 30 suara dengan H.Tafdil-Johan Salim. Ashar, komisioner KPU Bombana mengatakan, dalam rapat pleno itu, KPU tidak menetapkan siapa pemenang dalam PSU itu. Sebab, KPU hanya menyelenggarakan perintah Mahkamah Konstitusi, dan hasilnya pengadilan dalam hal ini MK lah yang memutuskan.

Ashar mengatakan, sesuai rencana, hasil pleno KPU ini akan di bawa ke MK 22 Juni mendatang. Sebelum diserahkan ke MK, KPU Bombana terlebih dulu akan melakukan konsultasi ke KPU provinsi dan terakhir di KPU RI. “Untuk di setor di MK, kami diberi waktu 15 hari, pasca digelarnya pleno. Jadi waktunya paling lambat 22 Juni,” katanya.

Setelah dilaporkan di MK, KPU tinggal menunggu jadwal sidang yang akan digelar untuk memutuskan hasil pilkada Bombana. Olehnya itu, kepada semua pasangan calon dan simpatisan serta masyarakat Bombana diminta bersabar menunggu putusan MK.

Tidak cuma unggul tujuh TPS, pasangan bertahan juga memimpin akumulasi total suara antara hasil Pilkada 15 Februari lalu. Di Pilkada tahap pertama pertengahan Februari lalu, pasangan bertahan unggul sekitar 1.252 suara atas rifalnya, Kasra Jaru Munara- Man Arfah. Dari 319 TPS yang gelar Pilkada saat itu, Tafdil meraih suara 39.970 suara, sedangkan Kasra hanya 38.718 suara.

Dengan demikian, hasil Pilkada Bombana 2017 secara keseluruhan. Tafdil-Johan Salim memimpin dengan perolehan 41.016 suara, sedangkan Kasra Jaru Munara-Man Arfah 39.731 atau selisih sekitar 1.285 untuk kemenangan Tafdil-Johan Salim.

Ketua KPU Kabupaten Bombana Arisman mengatakan, meski hasil PSU sudah diselenggarakan dan telah di plenokan di tingkat PPK, namun pihaknya tidak bisa menentukan siapa pemenang di Pilkada Bombana. Pihaknya sambung Arisman hanya menyelenggarakan perintah Mahkamah Konstitusi (MK) dan hasil dari perintah MK ini akan dikembalikan ke MK untuk diputuskan siapa pemenangnya. (b/nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top