Mudahkan Layanan, BPJS Kesehatan Kendari Hadirkan Dropbox – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Mudahkan Layanan, BPJS Kesehatan Kendari Hadirkan Dropbox

Wali Kota Kendari, Asrun, dan Kepala BPJS Kesehatan Kendari, dr. Dina Diana Permata, menandatangani MoU di Swiss-Belhotel Kendari, Senin (12/6). Foto : Waode Sitti Febriani/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id — Kini masyarakat Sultra, utamanya yang berada di wilayah pelosok ataupun mereka yang punya kesibukan, tak perlu repot jika ingin mendaftarkan diri sebagai member Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pasalnya, mekanisme pendaftaran dropbox sudah mulai diterapkan, terhitung sejak ditandatanganinya nota kesepahaman antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kota Kendari per tanggal 12 Juni kemarin, di Swiss-Belhotel Kendari.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, AAK. menjelaskan, ini adalah upaya untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses BPJS Kesehatan. Pasalnya, selama ini banyak warga yang akhirnya mengeluarkan biaya tinggi, hanya untuk datang mendaftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari.

“Mulai sekarang, kami menyiapkan dropbox di kantor kecamatan sekaligus formulir pendaftaran gratis, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jau datang ke kantor untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS,” katanya.

Lebih rinci Dina menerangkan, Dropbox adalah sistem pelayanan yang memudahkan calon anggota dari kalangan peserta mandiri, dalam mengurus administrasi kepesertaan. Jadi, lebih menghemat waktu dan memperpendek jarak tempuh. Syaratnya, cukup mengisi formulir dan melampirkan fotokopi kartu keluarga, nomor rekening BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Selanjutnya, setelah memilih fasilitas kesehatan dan jenis kelas perawatan, semua persyaratan langsung dimasukkan ke dalam Dropbox. “Jangan lupa, alamat lengkap dan nomor telepon serta email wajib diisi,” pesannya.

Setelah formulir diterima, BPJS Kesehatan akan langsung menghubungi peserta melalui SMS pemberitahuan Virtual Account (VA), besaran iuran dan tanggal pembayaran. Jadi, setelah mengantongi nomor VA, peserta sudah dapat membayar iuran pertama yang wajib dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA terbit. “Setelah bayar iuran pertama, kartu peserta mulai aktif. Ini ditandai dengan pengiriman kartu peserta JKN-KIS ke alamat peserta, jadi alamat harus dituliskan dengan lengkap dan jelas,” terangnya.

Secara total, ada 5 Dropbox yang tersebar di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Kendari Barat, Kendari, Poasia, Abeli dan Baruga. BPJS Kesehatan menargetkan, paling lambat bulan Juli, Dropbox bakal disebar pada 6 kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Mandonga, Kadia, Puwatu, Wuawua, Nambo dan Kambu.

“Saat ini, jumlah peserta JKN-KIS di wilayah kerja kantor cabang Kendari mencapai 1.099.188 jiwa. Kami juga telah bekerjasama dengan 214 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terdiri dari 149 Puskesmas, 10 klinik pratama, 32 dokter praktik perorangan, 6 dokter gigi praktik perorangan, 6 rumah sakit TNI, 9 rumah sakit Polri dan 2 rumah sakit tipe D pratama. Selain bermitra dengan 28 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang mencakup 16 rumah sakit termasuk klinik utama, 5 apotek dan 7 optik,” paparnya.

Wali Kota Kendari, Asrun mengapresiasi program baru yang diterapkan. Menurutnya, misi yang dibawa  BPJS Kesehatan sejalan dengan tujuan utama pemerintah daerah dalam usaha meningkatkan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat, tanpa memandang status sosial.

“Kesehatan harus dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Kami punya kewajiban untuk memastikan hal tersebut. Kalau boleh saran, BPJS Kesehatan harus mobile dengan layanan pendaftaran keliling. Boleh juga dengan sosialisasi massive hingga ke perkumpulan terkecil, supaya masyarakat lebih cepat aksesnya ke JKN-KIS,” tandasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top