200 Hektar Sawah di Butur Gagal Panen. Ini Penyebabnya… – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Buton Utara

200 Hektar Sawah di Butur Gagal Panen. Ini Penyebabnya…

kendaripos.fajar.co.id BURANGA- Nasib kurang baik melanda petani di Kabupaten Buton Utara (Butur). Ratusan hektar sawah dipastikan gagal panen akibat terendam banjir. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Dinas Pertanian Butur, telah meninjau langsung tanaman padi warga yang rusak akibat diterjang banjir. Tak ada yang bisa diperbuat, selain memberikan penguatan pada petani.

Suyono salah satu petani di Kecamatan Bonegunu mengaku, hanya bisa pasrah melihat tanaman padinya terseret banjir. Ia menuturkan, hanya sebagian kecil tanaman yang masih tersisa, itu pun rusak berat dan dipastikan gagal panen.

Ayah dua orang anak ini mengaku, banjir telah merendam padi petani sudah sepekan dan terus meluas. “Banjir menyebabkan padi yang sudah terlalu lama terendam air, rusak dan mati,” ujar Suyono saat ditemui di areal sawahnya di Kecamatan Bonegunu, Senin (12/6).

Sementara itu, Kadis Pertanian Butur, Yusuf membenarkan, ratusan hektar sawah dipastikan gagal dipanen akibat terendam banjir. Mantan Sekretaris BLH Butur ini mengaku, telah meninjau langsung sawah yang tergenang air. “Kurang lebih 200 hektar sawah gagal panen. Upaya pembenahan saluran irigasi sudah dilakukan. Hanya saja, derasnya hujan yang mengguyur menyebabkan air meluap dan merendam sawah warga,” ujar Yusuf, kemarin. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top