Bakal Calon Gubernur Sultra Didominasi Pemain Lama – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Bakal Calon Gubernur Sultra Didominasi Pemain Lama

kendaripos.fajar.co.id — Pemilihan Gubernur Sultra masih satu tahun lagi. Sesuai ketentuan Pilkada serentak nasional, Sultra akan melangsungkan hajatan lima tahunan pada pertengahan 2018 mendatang. Meski demikian, sejumlah kandidat mulai bermunculan. Bahkan, sudah ada yang membidik partai politik (parpol) sebagai kendaraan politik.

Sejauh ini, sudah tiga parpol membuka pendaftarn calon gubernur (cagub). Ketiganya yakni Partai Demokrat, PDIP dan Nasdem. Dari sejumlah nama yang sudah mendaftar, masih didominasi pemain lama. Sebut saja misalnya, ada Ridwan Bae, calon gubernur Sultra empat tahun lalu. Ada juga Ali Mazi, mantan gubernur Sultra yang tahun lalu gagal maju. Kandidat lain yang juga sudah mendaftar di parpol, walau tidak sempat maju empat tahun lalu, namun termasuk pemain lama dalam perpolitikan di Sultra.

Mereka adalah Amirul Tamim, Hugua, Rusman Emba, Lukman Abunawas, Tina Nur Alam, termasuk Asrun dan Rusda Mahmud. Adapun pemain baru, hanya beberapa saja. Yakni Abdurrahman Farisi, Laode Masihu Kamaruddin, Supomo dan La Suti Taka. “Sudah delapan figur yang mendaftar sebagai bacagub di Nasdem,” ujar Amir Faisal, Ketua Bappilu NasDem Sultra. Dia mengakui kalau kebanyakan kandidat yang mendaftar masih didominasi pemain lama.

Anggota DPR RI yang juga Ketua Golkar Sultra, Ridwan Bae mengungkapkan keseriusannya  maju Pilgub. Keinginan itu karena usulan dan desakan pengurus DPD II Golkar se-Sultra melalui Rapat Pimpinan Daerah Khusus (Rapimdasus) Golkar. “Saat Rapimdasus semua sepakat mendukung saya maju Pilgub,” ujar Ridwan, kemarin.

Dalam Rapimdasus itu juga, lajut dia, direkomendasikan untuk calon wakil ada dua. Yakni Lukman Abunawas dan Tina Nur Alam. Namun itu belum ada pembicaraan lebih jauh. “Soal kendaraan politik, saya sudah menjajaki komunikasi dengan parpol lain. Bahkan, tiga parpol yang sudah buka pendaftaran, saya ambil formulirnya,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, Dr Asrun menegaskan kesiapannya maju pilgub Sultra. Menurut dia, sejauh ini sudah melakukan kunjungan ke berbagai daerah untuk bertemu dengan masyarakat. “Sejak awal, niat saya untuk membangun Sultra. Kesempatan mengabdi untuk daerah harus dikejar. Jangan heran kalau saya sangat semangat untuk sosialisasi,” kata Asrun saat ditemui di kediamannya, akhir pekan lalu.

1 of 4

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top