Rp 14 Miliar Dana Bos Triwulan Kedua Kabupaten Muna Dicairkan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Rp 14 Miliar Dana Bos Triwulan Kedua Kabupaten Muna Dicairkan

kendaripos.fajar.co.id — Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan kedua di Kabupaten Muna segera dicairkan lagi. Anggaran Rp 14 miliar lebih yang bersumber dari APBN akan ditransfer ke lembaga Perbankan pada Senin, pekan depan. Meski begitu, pencairan dana ke rekening sekolah harus memiliki rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK).

Itu berarti, masing-masing sekolah harus menyerahkan pelaporan realisasi BOS triwulan pertama. Jika tidak, maka secara otomatis, mereka tak menerima kucuran dana tersebut. Hal itu dilakukan, untuk membenahi sistem administrasi yang selama ini dinilai kurang maksimal. Sehingga, dalam menghadapi pemeriksaan BPK dan BPKP pada akhir tahun anggaran, tak menemui kendala. “Sekarang administrasinya ketat. Supaya kita juga tidak kesulitan dalam menghadapi pemeriksaan akhir tahun nanti,” ungkap Sarmadan, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas PK di ruang kerjanya, Jumat (9/6).

Pria ramah ini mengaku, mekanisme pencairan dana BOS telah berubah. Sebelum pihak bank mentransferkan ke sekolah, harus mengantongi dulu rekomendasi dari dinas. Sebab, instansinya hanya sebatas mengatur administrasi saja. Untuk itu, mantan Guru SMP 4 Raha ini menginstruksikan pihak sekolah untuk segera menuntaskan pelaporan dana BOS triwulan I. Meski dana BOS tahap I cair pada medio Mei lalu, bukan sekolah tak dapat menyelesaikan pelaporannya. Sebab, Rencana Kerja Anggaran (RKA) sudah ada.

Dari total Rp 14 miliar, jenjang Sekolah Dasar Negeri diplotkan sebesar Rp 10 miliar lebih. Sementara SMP sebesar Rp 4 miliar lebih. Anggaran itu diproyeksikan 20 persen untuk biaya operasi sekolah dan 20 persennya lagi untuk kurikulum 2013. “Jadi triwulan kedua dana BOS ini cair 40 persen lagi,” tandas Sarmadan.

Alokasi Dana BOS Tahap II (40 persen) :
– Sekolah Dasar     : Rp 10 miliar
– SMP         : Rp 4 miliar
Total           : Rp 14 miliar

– 20 persen untuk biaya operasi
– 20 persen lainnya bagi kurikulum 2013. (c/ery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top