Strict Standards: Redefining already defined constructor for class Popular_Posts_Tabbed_Widget_Jetpack in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/popular-posts-tab-widget-for-jetpack/popular-posts-tab-widget-for-jetpack.php on line 61
Parah ! 78 Persen Bangunan di Wakatobi Tanpa IMB – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Wakatobi

Parah ! 78 Persen Bangunan di Wakatobi Tanpa IMB

kendaripos.fajar.co.id — Sebagai ibu kota Kabupaten Wakatobi, Pulau Wangiwangi masih memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya, kesadaran warga di pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Wakatobi ini dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang masih sangat kurang. Minimnya kesadaran masyarakat tersebut disesalkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wakatobi, Nur Saleh.

Ia mengungkapkan, khusus di Pulau Wangiwangi, dari jumlah 12.482 bangunan yang ada, hanya 2.835 unit mengantongi IMB. Padahal jika telah memilik dokumen izin tersebut, maka sudah ada kepastian hukum berdirinya bangunan tersebut. “Karena mayoritas masyarakat tidak menganggap IMB sebagai hal yang penting,” terang Nur Saleh, Kamis (8/6).

Dari jumlah secara keseluruhan lanjut Nur Saleh, bangunan yang baru mengantongi IM di Wangiwangi hanya sebesar 21,27 persen. Artinya, masih ada 78 persen bangunan di ibu kota kabupaten ini belum memiliki IMB. Untuk meningkatkan minat warga mengurus IMB, pihak Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Wakatobi telah memperkenalkan pelayanan sistem mobile plus. Ia berharap, masyarakat bisa memahami pelayanan tersebut dan bisa diterima. “Jadi, dengan ini maka ada kesadaran masyarakat betapa pentingnya  memiliki IMB sebelum membangun,” ujarnya.

Dengan adanya pelayanan IMB mobile plus ini nantinya akan semakin memudahkan masyarakat. Apalagi dalam hal ini sudah ada petunjuk yang bisa diikuti masyarakat. Mengingat pemerintah telah membuat regulasi sesuai tata kota agar bangunan di Wakatobu tertata dengan baik. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top