Waspada ! Pedagang Nakal di Konawe Jual Produk Palsu – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe

Waspada ! Pedagang Nakal di Konawe Jual Produk Palsu

BPOM Sultra saat memeriksa sejumlah produk di Konawe

kendaripos.fajar.co.id — Mencegah tindakan distributor dan pedagang nakal yang tetap memasarkan produk tak layak jual dan konsumsi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra bersama Dinas Kesehatan Konawe, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagko) menggelar inspeksi rutin bulan ramadan. Tim langsung turun ke pasar dan beberapa toko di Unaaha. Dalam operasi itu, mereka mendapatkan puluhan produk makanan dan bahan tambahan pangan yang tak layak edar.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra, Adillah Pababbari mengatakan, pihaknya banyak menemukan produk beregistrasi SP yang sudah tidak diterbitkan lagi oleh Kementerian Kesehatan. “Jadi yang banyak itu tambahan pangan atau bahan kue. Selain itu, ada juga gula sariwangi yang registrasi MD palsu dan sudah ditangani pihak Polda untuk ditarik peredarannya. Kemudian, pada beberapa toko ada juga produk makanan yang sudah kedaluwarsa,” bebernya, Rabu (7/6/2017).

Katanya, BPOM memang sudah melakukan pengawasan intensif dengan prioritas bahan pangan, sejak menjelang ramadan hingga lebaran nanti. Sebab saat ini akan banyak stok permintaan bahan pangan, sehingga harus terus diawasi peredarannya di masyarakat. Kepala Dinkes Konawe, H. Muh. Aris telah meminta pedagang agar segera memusnahkan atau mengembalikan produk jualan kedaluwarsa pada  distributor. “Pedagang harus intens mengecek barang dagangannya, karena bila produk yang sudah expired dikonsumsi masyarakat dan ada korban jiwa, maka pemilik toko wajib mempertanggungjawabkan di kepolisian,” ancamnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindagkop Konawe, Ansarullah mengungkapkan, banyaknya produk registrasi SP yang beredar karena ketidaktahuan pedagang akan larangan tersebut. Sementara untuk produk kedaluwarsa, ia meminta pedagang dan pembeli selalu memeriksa tanggal berlakunya. “Selain itu, sudah tidak ada masalah,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top