Polisi Rampungkan Berkas Direktur Penambang Ilegal di Sultra – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Polisi Rampungkan Berkas Direktur Penambang Ilegal di Sultra

Ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id — Berkas penyidikan tersangka Andi Uci (Direktur PT BP) dan Zul (Kontraktor mining PT BBSM) dalam kasus dugaan penambangan illegal di rampungkan penyidik. Bahkan, penyidik Subdit IV  Ditreskrimsus Tipiter Polda Sultra telah mengirim berkas keduanya ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra untuk diteliti jaksa.

Kasubbid PID Humas Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan berkas kedua kedua tersangka tengah diteliti jaksa. Jika berkas kedua tersangka dinyatakan lengkap (p21), maka penyidik akan melimpahkan tersangka dan barang buktinya ke jaksa. Tahap dua nantinya di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, namun pelimpahan berikutnya akan dilakukan di Kejari Konawe. Karena peristiwanya terjadi di Konawe Utara (Konut) yang juga masih wilayah hukum Kejari Konawe. Saat ini, penyidik masih menunggu penelitian Jaksa. “Intinya berkas keduanya sudah dirampungkan. Tunggu saja dulu seperti apa hasil pemeriksaan Jaksa,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Rabu (7/6/2017).

Kedua tersangka masih ditahan di Mapolda Sultra sampai berkas tersebut dinyatakan lengkap. Untuk diketahui, penyidik Tipiter Polda Sultra menghentikan penambangan PT BP dan PT BBSM, Februari lalu. Dua perusahaan yang join operasional ini diketahui telah melakukan aktivitas pertambangan tanpa dokumen yang jelas alias diluar IUP. Polisi menganggap perusahaan penambang nikel  di Desa Marombo Kecamatan Lasolo, Konut itu illegal.

Penyidik juga menyita alat berat dari PT BBSM yakni,  empat unit Beko, enam unit dum truck dan dua unit excavator yang saat ini masih berada di Mapolda Sultra.  Selain menyita alat berat, polisi juga berhasil mengamankan hasil produksi ore nikel 7000 Metrik Ton (MT) dari PT BP selama sebulan beroperasi. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top