Kolaka Utara Rawan Bencana, Warga Diminta Siaga – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka Utara

Kolaka Utara Rawan Bencana, Warga Diminta Siaga

Jembatan yang terancam putus di Kolut. Foto : Muh Rusli/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Hujan yang terus mengguyur kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam beberapa waktu belakangan ini membuat debit air pada sejumlah sungai besar mengalami peningkatan. Akibatnya, pengikisan cepat terjadi pada areal bantaran yang semakin melebar dan mengincar rumah penduduk sekitar. Rabu (7/6/2017), Asisten I Pemkab Kolut, Zainuddin bersama jajarannya turun melakukan pengecekan setelah menerima laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait potensi bencana di Kecamatan Ngapa.

Dari pemantauan yang juga diikuti Ketua Komisi I DPRD Kolut, Ansar Ahosa, terlihat satu unit rumah permanen dekat bantaran sungai Desa Purau terancam ambrol. Jembatan penghubung berstatus jalan negara di kawasan itu juga terancam putus akibat pengikisan.
Tidak hanya itu, menurut Plt BPBD Kolut, Hardi mengaku bendungan PDAM setempat juga retak. Sedangkan di Desa Sapoiha Kecamatan Watunohu akibat luapan sungai setempat menyasar puluhan rumah terendam air. Dua lokasi di atas merupakan daerah yang kerap dilanda banjir saat hujan.

“Kalau jembatan Purau masih aman untuk dilintasi kendaraan berat,” ujarnya. Sementara itu Zainuddin mengaku telah melaporkan hal tersebut pada Bupati, Rusda Mahmud. Kolut-1 tersebut menginstruksikan pengerahan alat berat langsung ke lokasi untuk melakukan normalisasi sungai Purau. “Beliau bilang tunggu apa lagi, segerakan kalau itu harus dilakukan. Jadi alat beratnya sedang diupayakan menuju lokasi saat ini,” ujar Zainuddin mengutip instruksi bupati.

Kapolsek Ngapa, Ipda Adianto mengutarakan, ia telah mengerahkan anggotanya termasuk Babinkamtibmas untuk membantu warga melakukan pembersihan pasca banjir. “Airnya sudah mulai surut. Namun kami tidak bisa jamin jika hujan deras kembali terjadi. Tetapi saya sudah imbau masyarakat setempat agar waspada dan jangan terlena dengan hujan yang berkepanjangan karena musibah terjadi kapan saja,” pungkasnya. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top