Hari Ini PSU Bombana Digelar, Dua Kandidat Berebut 2.571 Suara – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Hari Ini PSU Bombana Digelar, Dua Kandidat Berebut 2.571 Suara

kendaripos.fajar.co.id — Babak penentuan pemimpin baru Bombana bakal ditentukan, hari ini (7/6/2017). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana memastikan semua persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tujuh TPS sudah mantap. Nasib Tafdil dan Kasra kini ditentukan oleh 2.571 warga yang punya hak pilih.

Ketua KPU Bombana, Arisman mengungkapkan, tidak ada lagi hambatan untuk menggelar PSU. Soal anggaran, pihaknya masih menggunakan dana KPU sebesar Rp 300 juta. “Kami sudah siap. Ada NPHD atau tidak, PSU tetap kita laksanakan besok (hari ini,red),” kata Arisman, kemarin.

Terkait logistik, Arisman juga menjamin tidak ada masalah. Sebab, hingga sore kemarin sudah sampai di tingkat PPK. Proses pendistribusian dilakukan mulai pagi hingga sore kemarin dengan pengawalan personil kepolisian dari Polres Bombana.

Andi Usman, koordinator divisi logistik KPU Bombana menambahkan, seluruh logistik yang akan dipakai untuk PSU hari ini sudah diadakan sebelum hari H. Menurut Andi Usman, hampir semua logistik yang digunakan untuk PSU merupakan pengadaan baru. Ditingkat TPS misalnya, ada beberapa logistik yang diadakan, mulai dari tinta, segel, alat coblos, sampul hingga tanda pengenal. “Yang tidak diadakan hanya kotak suara dan bilik suara,” katanya.

Sementara surat suara hanya 573 lembar yang diadakan. Sementara 2.000 lembar lainnya merupakan sisa surat suara yang digunakan saat Pilkada tahap pertama 15 Februari lalu. Begitu juga di tingkat PPS, semua formulir mulai D-KWK, D1-KWK dan D2-KWK merupakan pengadaan baru. Semua biaya pengadaan logistik ini dibayar dengan menggunakan sisa anggaran KPU saat Pilkada pertama. “Seluruh logistik PSU sudah harus sampai di TPS tadi malam,” sambungnya.

PSU di tujuh TPS di Bombana turut dipantau ketua dan seluruh komisioner KPU Sultra. Bahkan keberadaan lima komisioner ini sudah berada di Bombana sejak Senin malam. Laode Abdul Natsir, Komisioner KPU Sultra mengatakan, keberadaan mereka di Bombana untuk melakukan supervisi dan monitoring terkait kesiapan PSU Bombana. Hasil pantauannya bersama komisioner lainnya, PSU Bombana sudah siap dilaksanakan, dan KPU Bombana sanggup melaksanakannya meski dengan anggaran yang minim. Olehnya itu, dia menghimbau kepada seluruh pemilih di tujuh TPS itu untuk datang menggunakan hak pilihnya, karena kualitas demokrasi dinilai dari angka partisipasi pemilih. (Nuryadi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top