Cuaca Ekstrem, Warga Bombana Diminta Waspada – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bombana

Cuaca Ekstrem, Warga Bombana Diminta Waspada

Iluslastri cuaca buruk.

kendaripos.fajar.co.id — Sejak beberapa pekan terakhir, Kabupaten Bombana terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Selain menyebabkan sungai meluap dan menimbulkan banjir di enam kecamatan, hujan juga menyebabkan tanah menjadi labil hingga rawan longsor. Atas kondisi tersebut, Pj Bupati Bombana, Hj. Sitti Saleha meminta warganya waspada terhadap bencana. Terutama pada penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah dan pegunungan.

“Beberapa hari terakhir hampir semua wilayah di sini (Bombana) dilanda cuaca ekstrem. Hujan yang cukup deras tidak menentu turun. Untuk itu kita harus waspada terhadap banjir dan tanah longsor,” kata Sitti Saleha saat meninjau lokasi bencana di Tontonunu, Selasa (6/6) sore. Tak hanya itu, dengan cuaca ekstrem seperti saat ini, Pj Bupati telah menginstruksikan instansi terkait seperti BPBD, Dinas Sosial dan instansi lainnya untuk meningkatkan kesiagaan. Sehingga bila terjadi bencana cepat melakukan tindakan untuk membantu masyarakat.

Data yang diterima bupati, dalam waktu sepekan terakhir tercatat sudah enam kecamatan di wilayahnya yang mengalami bencana alam. Bahkan, Senin malam lalu, banjir kembali melanda wilayah Hukaea dan Tembe, Kecamatan Rarowatu Utara. Menurut laporan dari Camat Rarowatu Utara, Awaluddin Madaeng, banjir di wilayahnya merupakan kali kedua atau banjir susulan. Banjir tersebut terbilang parah dan merendam puluhan rumah warga.

Sementara banjir di Kecamatan Tontonunu dan Poleang Utara menurut hasil pantauannya disebabkan jebolnya tanggul di sungai Poleang. “Kurang lebih 40 meter, tanggul yang jebol. Inilah yang menjadi penyebab sehingga puluhan rumah di dua kecamatan itu terendam. Namun banjir di dua kecamatan itu, terlihat mulai surut,” ungkap Saleha. (b/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top