Berkas Tersangka Kayu Ilegal Mengendap di Kejaksaan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Berkas Tersangka Kayu Ilegal Mengendap di Kejaksaan

Ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id — Penyidik Subdit IV Tipiter Polda Sultra telah tuntas merampungkan berkas penyidikan tersangka ilegall logging bernama La Irai. Bahkan telah menetapkan tersangka lainnya, Idris, sesuai petunjuk jaksa peneliti. Keterangan dua saksi ahli pun sudah ada namun berkas tersebut masih mengendap di meja jaksa.

Penyidik sudah mengirim berkas La Irai ke jaksa peneliti. Untuk selanjutnya berkas tersebut kembali dalam tahap penelitian.  Sayangnya, berkas tersebut tak kunjung dilengkapi hingga saat ini. Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan penyidik sudah memenuhi beberapa petunjuk jaksa. Berkas telah dikirim kembali beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini, perkembangan penelitian berkas tak kunjung disampaikan ke penyidik. “Sudah kami kirim. Masih diteliti. Tapi belum ada signal mau dilengkapi jaksa, kami juga heran,” ujar Kompol Dolfi, Selasa (6/6).

Menurut Kompol Dolfi, sebelumnya penyidik menetapkan Idris sebagai tersangka sesuai petunjuk jaksa, penyidik menemukan fakta baru,  dari kasus tersebut. Ternyata keterlibatan Idris tak hanya sebagai pemuat kayu . Namun belakangan, kayu-kayu tersebut diperjual belikan ke Surabaya melalui Idris. Pria ini membuat kontrak dengan La Irai. Jika kayu tersebut telah masuk kedalam kontainer, maka dia akan meminta duit kepada pengusaha dari Surabaya untuk membayar kepada La Irai.

Idris mengetahui, bahwa kayu tersebut memang diambil dari area penggunaan lain (APL) yang dilakukan La Irai saat akan dimuat. Idris pula yang membawa kayu menggunakan truknya  ke pelabuhan, untuk dimuat ke kontainer lalu dikirim ke Surabaya. Dia (Idris) memberikan panjar kepada La Irai. Jika kayu sampai maka duitnya akan dibayar seluruhnya dari pengusaha asal Surabaya.

Untuk di ketahui, La Irai adalah tersangka yang diamankan oleh Subdit IV Tipiter Polda Sultra pada Agustus 2016 lalu karena dia merupakan pelaku yang berupaya menyelundupkan 403 batang kayu jati asal Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel). Kayu jati tersebut ditangkap di desa Wakokili, Kecamatan Pasarwajo. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top