DPRD Konut Anggap Mutasi Karyawan PT DJL Akal-akalan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

DPRD Konut Anggap Mutasi Karyawan PT DJL Akal-akalan

kendaripos.fajar.co.id — Kebijakan mutasi terhadap enam karyawan yang dilakukan manajemen PT PT Damai Jaya Lestari dianggap hanyalah trik pihak perusahaan. “Akal-akalan. Lebih baik di PHK ada pesangonnya, dibanding jika dimutasi. Kalau mutasi itu sama halnya pemberian sanksi. Apalagi yang dimutasi adalah suami istri. Ini sama saja memisahkan keluarga,” sorot Sekretaris Komisi II DPRD Konawe Utara (Konut), Safrin, Senin (5/6).

Ia menegaskan, seharusnya pihak perusahaan harus mengedepankan kearifan dalam menata karyawannya. Bukan dengan cara mengakali karyawan untuk kemudian terpaksa mengundurkan diri. “Ini PHK yang dilakukan secara halus oleh PT DJL. Seandainya mutasi yang dilakukan adalah promosi jabatan, sah-sah saja. Tapi kalau mutasinya hanya jadi pengawas, saya kira lebih efektif awasi di sini (Konut) saja,” pendapat Ketua DPD II Golkar Konut itu.

Sementara Disnakertrans Konut melalui Kabid Hubungan Industrial, Hendra mengaku persoalan mutasi enam karyawan PT DJL telah diadukan pada Disnakertrans Provinsi Sultra untuk dimediasi. “Kasus itu sudah dilimpahkan keprovinsi untuk dimediasi. Jadi masih bergulir di sana. Kalau tidak ada kesepakatan kemungkinan akan dibawah ke Pengadilan Hubungan Industrial,” ujar Hendra, kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Bagian HRD PT DJL, Jumiati menegaskan, persoalan mutasi karyawan sudah berdasarkan hasil keputusan manajemen. Saat ditanya soal alasan pemutasian karyawan, Jumiati dengan tegas menyampaikan, langkah tersebut sudah menjadi kewenangan perusahaan. “Semua perusahaan punya kewenangan mutasi karyawan. Apalagi mutasi itu hal biasa,” alasan Jumiati.

Sebelumnya enam karyawan mengadukan PT Damai Jaya Lestari (DJL) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang melakukan pemutasian secara sepihak tanpa melihat aspek sosial karyawan. Pasalnya, keenam karyawan yang selama ini berdomisili di Konut dipindahtugaskan ke Ambon pada salah satu anak perusahan PT DJL di wilayah itu dengan alasan efisiensi karyawan. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top