Bupati Muna, Rusman Emba : Ramadan Membangun Solidaritas Kemanusiaan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ramadhan

Bupati Muna, Rusman Emba : Ramadan Membangun Solidaritas Kemanusiaan

Rusman Emba

kendaripos.fajar.co.id — Ramadan 1438 H menjadi momentum bagi umat Islam membangun solidaritas kemanusiaan menuju kehidupan yang lebih baik. Ramadan tidak saja menahan hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa, tapi lebih penting adalah menanamkan rasa solidaritas yang diwujudkan dalam bentuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan tanpa melihat perbedaan agama, suku dan golongan.

Solidaritas kemanusiaan mesti diwujudkan dalam bentuk saling berbagi, adil dan melindungi. Tidak boleh ada rasa “superioritas” manusia satu terhadap manusia lainnya. Karena Allah SWT menciptakan manusia dalam kesetaraan. Bukan hanya itu, solidaritas juga diwujudkan melalui kebersamaan dan kegotongroyongan antara masyarakat dan pemerintah untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan. Sehingga dapat mengangkat derajat kemanusiaan masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Muna.

Untuk itu, sesama umat muslim untuk selalu menjaga keselarasan sikap. Melalui momentum Ramadan, saatnya memperbaiki diri dan selalu menjadi terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik. Tutur kata yang bijak juga mesti dikedepankan. Sehingga, harmonisasi hidup selalu tercipta dalam bingkai keberagaman.

Solidaritas kemanusiaan merupakan wujud implementasi hubungan dengan sesama manusia (hamblumminannas). Allah SWT memerintahkan kita untuk selalu menjaga hubungan baik, dengan sesama muslim maupun umat agama lain. Perintah seperti ini harus terus diikuti dan diimplementasikan supaya tercipta tatanan hidup bermasyarakat yang aman dan tentram.

Dalam kaitannya hubungan dengan sang Khalik (hablumminallah). Sebagai hamba, kita mesti manfaatkan bulan penuh berkah ini dengan melakukan berbagai amalan kebaikan. Sebab, belum tentu tahun depan masih bisa bertemu dengan bulan dengan sejuta keutamaan ini. (b/ery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top