RSUD Kota Kendari Target Naik Kelas jadi Tipe B – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

RSUD Kota Kendari Target Naik Kelas jadi Tipe B

Ruang bersantai bagi keluarga pasien di Gedung RSUD Kota Kendari.

kendaripos.fajar.co.id — Upaya manajemen RSUD Kota Kendari dalam meningkatkan level pelayanannya terus dimaksimalkan. Kerja keras meningkatkan akreditasi sehingga mendapatkan predikat bintang satu, manajemen instansi pimpinan dr.Asridah Mukkadim itu tidak lekas berpuas diri. Kali ini, RSUD menyasar target rumah sakit tipe B, saat ini RSUD Kota Kendari masih tipe C.

Meski untuk menjadi rumah sakit tipe B tersebut cukup memiliki persyaratan yang terbilang rumit, namun Kepala RSUD Kota Kendari, dr. Asridah Mukkadim tetap optimistis upaya itu tidak mustahil dilakukan. RSUD saat ini baru memiliki satu dokter spesialis, sementara untuk menaikkan ke tipe B, wajib memiliki dokter spesialis, minimal dua orang. Kendati demikian, dr.Asridah tidak surut asa. Berbagai upaya akan terus dilakukannya.

dr Asridah mengatakan pihaknya sedang memersiapkan berkas pengusulan penaikkan tipe kepada Kementerian Kesehatan RI. Untuk segala persiapan, dikatakannya sejauh ini dirasa sudah cukup layak untuk bertipe B. Soal jumlah dokter spesialis, Asridah mengaku meski wajib berjumlah lebih dari satu, namun hal tersebut dapat di taktisi dengan pembuatan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan pihak Kemenkes. Artinya, boleh rumah sakit bertipe B, dengan ketentuan dalam waktu yang tidak lama harus ada jaminan penambahan dokter spesialis.

“Jadi kita bisa dengan MoU tadi. Apalagi belum lama ini kita ada yang daftar dokter spesialis Urologi. Saya rasa itu dapat menjadi jaminan MoU dimaksud,” ujar dr.Asridah, akhir pekan lalu.

Untuk itu, berkas yang kini sudah disiapkannya akan segera diusulkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi untuk selanjutnya diteruskan ke Kemenkes. Usai berkas diterima, maka akan dilakukan verifikasi secara faktual oleh tim yang berkompeten. “Jadi jenjangnya seperti itu. Usulannya kita mulai bulan Juni. Mudah-mudahan dalam waktu tahun ini, seluruh ikhtiar kita sudah bisa mendapat jawaban yang sesuai harapan. Kita berdoa saja, semoga RSUD Kota Kendari bisa tipe B,” ungkapnya.

Dari segi pelayanan RSUD Kota Kendari, dr.Asridah mengaku sudah semakin membaik. Hal itu terlihat dari meningkatkannya pasien rujukan dari luar daerah, selain dari pada akreditasi bintang satu yang baru akhir bulan lalu diterimanya yang menjadi bukti sahih kualitas pelayanannya.

“37 persen pasien kita datang dari luar daerah. Ini menjadi bukti rumah sakit kita menjadi pilihan. Belum lagi pelayanan kita sudah terakreditasi dari KARS bahkan dengan kategori bintantg satu. Saya rasa, tidak berlebihan jika kita ingin naik tipe,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top