Bupati Kolut Terpilih Nur Rahman-H. Abbas Dilantik 25 Juli – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Bupati Kolut Terpilih Nur Rahman-H. Abbas Dilantik 25 Juli

Bupati Kolut Terpilih Nur Rahman-H. Abbas (baju putih)

kendaripos.fajar.co.id — Bupati Kolaka Utara (Kolut) terpilih, Nur Rahman-H. Abbas bakal digelar 25 Juli mendatang. Daerah pecahan Kabupaten Kolaka ini masuk tahap dua pelantikan sesuai dengan jadwal yang dibuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mengingat akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Kolut saat ini, Rusda Mahmud akan berakhir pertengahan Juni, maka akan diangkat Plh.

Direktur Jendral Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Soni Soemarsono membenarkan hal itu. Menurut dia, ketika masa jabatan bupati telah berakhir lantas bupati terpilih belum dilantik maka Sekretaris Daerah (Sekda) akan menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh) bupati. Jadi tidak perlu ada  Pelaksana tugas(Plt) bupati. “Cukup Plh saja, bukan Plt. Dan yang jadi Plh adalah Sekdanya,” kata mantan Plt gubernur DKI itu saat ditanya soal masa jabatan bupati Kolaka Utara yang akan berakhir 18 Juni mendatang, kemarin.

Proses pelantikan bupati dan wali kota tahap dua akan dilaksanakan 25 Juli. Lokasinya di masing-masing daerah yang dilantik oleh gubernur. Menurutnya, Plt tidak perlu ada karena tenggang waktu pelantikan bupati terpilih juga tidak begitu jauh. Lagipula Sekda juga bisa melaksanakan tugas-tugas bupati sambil menunggu pelantikan bupati
definitif.

Ia menambahkan, sejauh ini segala urusan administrasi mengenai pelantikan bupati dan wali kota di berbagai daerah tengah diproses. Yang tentunya, mereka yang akan dilantik disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah yang sedang menjabat. “Kan masih ada pelantikan tahap tiga. Jadi kalau jabatan kepala daerah berakhir setelah pelantikan tahap dua nanti, maka mengikut pelantikan tahap tiga,” jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya menunggu usulan dari gubernur mengenai pelantikan bupati dan wali kota  untuk memproses surat keputusan (SK) pelantikannya “Kita sebatas menunggu saja usulan dari provinsi. Kalau sudah ada, maka kita proses,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Otda Kemendagri, Ansel Mustan mengatakan pelantikan bupati dan wali kota tahap dua akan dilakukan Juli mendatang. Soal apakah ada Plt bupati ketikaberakhirnya masa jabatan bupati yang tengah menjabat, ia tidak mau berspekulasi. “Kita tunggu saja surat edaran Mendagri. Yang jelas pelantikan tahap dua, Juli mendatang,” ujarnya.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Pemprov Sultra, Toni mengatakan, usulan pelantikan bupati terpilih Kolut dan Buton sudah dilakukan sejak bulan lalu. Sekarang hanya menunggu penerbitan SK pelantikan dari Kemendagri. “Kita tunggu saja, yang pasti kita sudah proses administrasinya,” jelasnya.

Sementara usulan pelantikan wali kota Kendari, kata dia masih dalam proses. Sebab ada beberapa berkas dan dokumen yang harus dipenuhi sebelum diusulkan ke Kemendagri. “Mungkin minggu depan, kita akan bawa
usulannya ke Kemendagri. Sekarang kita hanya rampungkan saja,” imbuhya. (b/dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top