Buka Puasa di Masjid Raya Kolut, Kepala SKPD Sepiring Bersama Anak Yatim – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Utara

Buka Puasa di Masjid Raya Kolut, Kepala SKPD Sepiring Bersama Anak Yatim

Suasana buka puasa di Kolut

Buka puasa bersama di Masjid Raya Kolaka Utara terasa berbeda. Di tempat ini, para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Kolaka duduk dan berbaur bersama anak yatim piatu. Bahkan, mereka tak sungkan untuk sepiring dengan anak-anak yang sudah tidak punya orang tua tersebut. Budaya seperti ini memang sudah dicanangkan Bupati Kolut, Rusda Mahmud sejak dilantik 10 tahun lalu.

Muh Rusli, Kolaka Utara

Jarum jam di dinding Masjid Raya Kolaka Utara (Kolut) menunjukkan pukul 17.00 Wita. Puluhan warga terlihat asyik membac Alquran, ada pula yang zikir dan membaca buku agama. Kesibukan berbeda terlihat di bawah lolong masjid terbesar di otorita Rusda Mahmud itu. Sekira 10 lebih ibu-ibu sedang mengatur makanan menu buka puasa.

Sudah beberapa hari ini, lantai dasar Masjid Raya itu memang menjadi tempat buka puasa bersama ratusan anak-anak yatim bersama pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Tak ada sekat diantara mereka. Semua berbaur menjadi satu. Mereka memenuhi tempat ibadah yang luasnya 60×70 meter persegi itu.

Layaknya sebuah pesta hajatan, porsi yang dipersiapkan juga ratusan. Dimulai dari sajian ringan berupa es buah-buahan hingga makanan dan tumpukan daging segar. Barisan kursi plastik dideret memanjang searah kiblat dan para tokoh serta pejabat mengambil meja saf bagian depan disusul remaja serta orang tua dan anak-anak di barisan kursi paling buncit.

Banyaknya masyarakat mulai anak-anak dan orang tua yang hadir di tempat tersebut menanti detik-detik pelepas lapar dan haus secara halal tersebut.  Sungguh membuat suasana berbuka di masjid itu jadi ramai setiap harinya. Tidak salah jika persiapan menu berbuka juga dalam porsi yang besar.

Khusus di masjid itu, sejumlah persiapan hingga mempersiapkan menu buka puasa ditalangi oleh SKPD yang digilir per harinya hingga Ramadan tuntas. Terkadang dua SKPD dipaketkan dua instansi per hari dan ada pula yang tunggal menanggung sendiri sebagaimana saat berbuka pada Magrib, Jumat (2/6) pekan lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kolut.

Plt. Dinas PU Kolut, Mukramin mengungkapkan, pihaknya mempersiapkan menu berbuka. Jika dikalkulasi dari sajian yang dipersiapkan tersebut terealisasi dengan menghabiskan pendanaan melebihi Rp 10 juta.  “Sehari ini saja. Tetapi jangan dilihat seberapa besarannya. Karena ini diperuntukkan bagi  masyarakat khususnya yang kurang mampu atau musafir,” jelasnya.

Program Ramadan yang digagas sejak periode pertama Rusda Mahmud itu selaku bupati sudah menjadi kabar umum yang disampaikan secara terbuka. Para musafir atau masyarakat yang melakukan perjalanan diharapkan tidak sungkan untuk mampir berbuka. Karena masjid agung terletak di poros utama By Pass Lasusua. Stok menu dijamin aman dan bahkan berlebihan.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top