Enam Cara Kendalikan Kolesterol untuk Kesehatan Jantung – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Enam Cara Kendalikan Kolesterol untuk Kesehatan Jantung

kendaripos.fajar.co.id —  LDL atau kolesterol jahat salah satu pemicu terjadinya serangan jantung pada manusia. Sebab itu, menjaganya dalam kadar yang aman adalah salah satu hal bijak yang bisa Anda lakukan dalam hidup ini. Bagaimana caranya, tentu hanya dengan melakukan perubahan pola hidup yang lebih baik dari yang ada saat ini. Berikut yang perlu Anda ketahui tentang cara mengendalikan kadar kolesterol Anda:

1. Kurangi konsumsi gula
Menurut seorang ahli kardiovaskular bernama James J. DiNicolantonio, PharmD, dari St. Luke Mid-Atlantic Heart Institute di Kansas, AS, melewati waktu seminggu tanpa gula dapat mengurangi 10 persen LDL dan meningkatkan 20 hingga 30 persen lemak trigliserida. Hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah.

2. Konsumsi jamur
Jamur Jepang bernama shiitake diketahui mengandung kadar asam amino yang sama dengan daging. Kandungan polysaccharides, terpenoid, sterol dan lipid yang ditawarkan jamur ini salah satunya berkhasiat menurunkan kadar kolesterol.

3. Konsumsi Jus kentang
Tidak hanya mencegah kanker, konsumsi jus kentang disebut sangat baik dalam meregulasi kadar kolesterol. Kandungan phytochemical, vitamin dan flavanoid yang terdapat dalam kentang dapat mencegah penyakit kardiovaskuler dan melindungi pembuluh darah arteri dari inflamasi.

4. Konsumsi bawang putih
Bawang putih adalah salah satu superfood terbaik di dunia dapat Anda manfaatkan untuk mendorong kualitas hidup sehat Anda. Selain aterosklerosis, gangguan jantung dan darah tinggi, konsumsi bawang juga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersemayam dalam diri Anda.

5. Konsumsi Buah Naga
Kadar LDL yang rendah adalah salah satu tolak ukur jantung yang sehat. Lemak tak jenuh tunggal yang ditawarkan buah naga diketahui berkhasiat dalam menurunkan kadar LDL serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

6. Konsumsi produk kacang kedelai
Beberapa studi telah menunjukan bahwa mengkonsumsi tahu dan beberapa jenis produk kacang kedelai lainnya dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Para dokter dari Harvard Medical School mengatakan bahwa mengkonsumsi 10 ons tahu atau 2½ cangkir susu kedelai setiap harinya dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5 hingga 6 persen.

(ruf/fajar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top