Jalan Penghubung Koltim-Konsel Rusak, Mobilisasi Hasil Pertanian Terhambat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Timur

Jalan Penghubung Koltim-Konsel Rusak, Mobilisasi Hasil Pertanian Terhambat

Kondisi jalan yang menghubungkan Koltim-Konsel. Foto : Kusdin/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Seperti kebanyakan jalan lingkar luar di Sultra, kondisi akses transportasi yang menghubungkan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dengan Konawe Selatan (Konsel) di Sulawesi Tenggara (Sultra) juga tak memadai. Dengan kondisi cuaca saat ini, jalan berlubang dan berlumpur, menjadi penghalang arus lalu lintas. Mobilisasi hasil pertanian warga pun  terhambat. Kondisi seperti itu terlihat di ruas jalan Desa Inotu, Loa dan Lere Jaya di Kecamatan Lambandia, Koltim.

Kepala Desa Lere Jaya, Amrul mengaku, kondisi jalan yang menghubungkan antar kabupaten itu memang mengalami rusak parah. “Perputaran ekonomi masyarakat terhambat. Padahal 99 persen warga di tiga desa ini, berprofesi sebagai petani sawah dan perkebunan kakao. Kami berharap agar pemerintah daerah bisa cepat memberikan solusi terbaik bagi kondisi jalan di wilayah ini,” jelasnya, kemarin.

Menurut Amrul, saat ini masyarakat bingung untuk menjual hasil pertanian terutama padi. “Kalau jalan bagus, bisa dibawa ke pengeringan dan penggilingan di Ladongi. Jalan rusak kurang lebih lima kilometer dari ibu kota Kecamatan Lambandia. Waktu tempuh jika dalam kondisi seperti ini bisa sampai satu jam. Padahal kalau jalan bagus, hanya 10 sampai 20 menit saja,” sambung Amrul.

Ia bersama warganya pun kini hanya bisa bersabar saja menunggu cuaca panas agar kendaraan roda empat dapat melintas. Dikonfirmasi terpisah, Plt. Kadis PU dan Perhubungan Koltim, Bio Mansur mengatakan, jika jalan yang menghubungkan Koltim dengan Konsel itu sudah masuk dalam agenda kerja tahun 2017. Namun pihaknya belum bisa memastikan akan dikerja pada tahap pertama atau masuk dalam APBD-Perubahan Kabupaten Koltim.

Bio Mansur hanya bisa berharap, agar masyarakat tetap bersabar hingga pemerintah kabupaten mampu mengerjakan jalannya. Bukan hanya di tiga desa itu, tapi ruas jalan lainnya. “Memang sudah dianggarkan antara Desa Penanggo Jaya sampai di Lere Jaya, termasuk jembatannya,” katanya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top