3.542 Suket di Kota Kendari Belum Berganti e-KTP, Ini Penyebab… – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

3.542 Suket di Kota Kendari Belum Berganti e-KTP, Ini Penyebab…

kendaripos.fajar.co.id — Proses pembuatan KTP elektronik di Kota Kendari ternyata belum sepenuhnya normal. Meski jaringan server dan juga blanko e-KTP sudah tersedia, masih ada saja masalah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menghambat proses pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari.

Teranyar, sebanyak 3.542 Surat Keterangan (Suket) milik warga yang merekam sejak tanggal 15 November belum bisa dicetak dan berganti menjadi e-KTP. Kendalanya, Kemendagri sedang melakukan proses penunggalan data kewarganegaraan. Tujuanya untuk menghindari data kependudukan ganda yang dimiliki warga.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari, Suhriah mengutarakan sampai saat ini pihaknya belum bisa melayani permintaan percetakan e-KTP dari. Bahkan, dirinya belum bisa memastikan kapan proses penunggalan data di Kemendagri akan tuntas.

“Jadi kami selama penunggalan, belum bisa melayani percetakan KTP. Masyarakat harus bersabara lagi. Kami pun juga belum tau sampai kapan, soalnya itu (penunggalan) menjadi kewenagan pusat,” ujar Suhriah di ruang kerjanya, Jumat (2/6).

Rinciannya, dijabarkan Suhriah, 792 sedang diproses penunggalan data, 1.948 Suket sedang dalam proses pengiriman data,  dan 802 belum terkirim ke Kemendagri. “Jadi total Suket tersebut belum bisa dikonversi menjadi e-KTP sampai Kemendagri menyelesaikan penunggalan datanya,” lanjutnya.

Untuk saat ini, Suhriah mengaku memang menerima blanko sebanyak 8.000. Tetapi itu hanya digunakan untuk menggantikan suket warga yang sudah melakukan perekaman pada sebelum bulan November tahun lalu. “Kalau yang 15 November sampai sekarang bahkan sampai selanjutnya belum bisa kita cetak. Menunggu dulu kabar dari pusat,” paparnya.

Meski banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi demikian, namun Suhriah mengutarakan bahwa pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. “Soalnya diluar kewenangan kami. Jadi memang tidak ada jalan selain bersabar,” tandasnya. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top