PBB Sultra Buka Pendaftaran Balon Pilkada di Tiga Daerah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

PBB Sultra Buka Pendaftaran Balon Pilkada di Tiga Daerah

kendaripos.fajar.co.id — Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di tiga kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2018 mendatang. Yakni, di Baubau, Konawe dan Kolaka. Pendaftaran tersebut dimulai pada Kamis 25 Mei lalu sampai 30 Juni 2017.

Ketua Bappilu DPW PBB Sultra, Ruksanan mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan DPC di tiga kabupaten/kota itu untuk membuka pendaftaran, bertempat di markas DPC masing-masing. Nah, jadwal pertamanya adalah pendaftaran adiminstrasi dengan cara mengambil formulir terlebih dahulu. Hal itu untuk mengisi syarat-syarat yang partai ajukan. “Diantaranya kesediaan membesarkan partai baik kader maupun non kader. Tapi, disitu sekira ada tujuh syarat yang harus dipenuhi,” katanya saat dihubungi via seluler, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, pendaftaran tersebut terbuka peluang yang sama baik untuk kader mapun non kader. Pasalnya, setelah pihaknya akan melakukan survei nantinya. Hal itu untuk melihat elektabilitas, kapasitas dan profesionalitas para figur yang mendaftar. “Jadi, kita lihat yang mendaftar secara administrasi dulu dan kita lihat elektabilitasnya melalui survei nantinya,” ujarnya.

Sejatinya, kata dia, setiap partai mengutamakan kader. Nah, hingga saat ini sudah ada kader yang siap maju di daerahnya masing-masing yakni di Pilwali Baubau ada Wakil Bupati yang masih menjabat yakni Wa Ode Maasra. Kemudian, di Konawe ada Wakil DPRD Konawe H. Alaudin. Sedangkan di Kolaka belum ada kepastian. “Ibu Maasra kita dorong untuk 01 satu dan itu juga tawarkan ke parpol lain, karena elektabilitasnya tinggi. Dan di Konawe itu ada H Alaudin Ketua DPC Konawe sekaligus wakil Ketua DPRD Konawe. Sedangkan di Kolaka tidak ada kader,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk menentukan itu partai akan menurunkan survei dari internalnya sendiri guna melihat elektabilitasnya. Lembaga survei akan diaktifkan pasca lebaran idul fitri nantinya. “Lembaga survei ini juga dari internal partai dan memiliki integritas yang baik. Sehingga, hal itu tak diragukan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PBB, Asri mengatakan pihaknya akan menentukan 5 paslon. Mereka akan menyampaikan visi misi langsung dihadapan DPP PBB nantinya. “Setelah ditetapkan DPC kemudian akan dilakukan penyampaian visi misi di depan DPP. Ditemani DPC PBB, Paslon dan DPW PBB langsung ke Jakarta. Kemudian, langsung ditetapkan SK rekomendasinya,” tandasnya. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top