Hari Ini Pelunasan Biaya Haji Ditutup, Sisa Kuota Masih 2.126 Kursi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Hari Ini Pelunasan Biaya Haji Ditutup, Sisa Kuota Masih 2.126 Kursi

kendaripos.fajar.co.id — Masa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler tahap kedua resmi ditutup sore ini (2/6). Data terakhir menyebutkan kuota masih tersisa 2.126 kursi. Kementerian Agama (Kemenag) berharap hari terakhir dimanfaatkan calon jamaah sebaik-baiknya.

Kasubdit Pendaftaran Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan, tidak ada perpanjangan waktu pelunasan BPIH tahap kedua itu. “Meskipun hari ini (kemarin, red) tanggal merah, tidak ada penambahan hari. Besok (2/6) (hari ini) terakhir pelunasan,’’ katanya di Jakarta, kemarin.

Data terakhir Kemenag menyebutkan ketika pelunasan BPIH tahap pertama ditutup, ada sisa kuota 14.129 kursi. Kemudian saat ini masih tersisa kuota 1.274 kursi. Kemudian untuk kuota tim pemandu haji daerah (TPHD) dari 1.454 kursi yang melunasi di tahap kedua, masih tersisa 825 kursi. Sehingga total kuota yang masih tersisa ada 2.126 kursi.

Ada tiga provinsi yang sisa kuotanya masih diatas seratus orang. Yaitu Provinsi Jawa Barat tersisa 124 kursi, Provinsi Jawa Tengah (107 kursi), dan Jawa Timur (278 kursi). Sementara provinsi dengan sisa terkecil adalah Jambi yang tinggal sisa 2 kursi. Kemudian ada Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Timur yang masing-masing masih tersisa 3 kursi.

Jika sampai hari ini masih ada sisa kuota, Kemenag tidak membuka pelunasan tahap ketiga. Kuota yang tersisa langsung diisi oleh kuota jamaah haji cadangan yang melunasi BPIH. Kemenag mencatat ada 5.075 orang jamaah kuota cadangan telah melunasi BPIH. Nantinya mereka disortir berdasarkan nomor porsi antrian haji.

Pejabat yang akrab disapa Nafit itu menyangkan masih banyaknya kuota TPHD yang belum terisi. Sebab gubernur belum menetapkan surat keputusan (SK) TPHD di daerah masing-masing. Dia menjelaskan jika ada sisa kuota untuk kelompok TPHD itu, maka akan dialihkan untuk jamaah atau masyarakat biasa. Dia berharap di hari terakhir ini, kuota TPHD terisi penuh.

Ada beberapa provinsi yang tingkat pelunasan kuota TPHD-nya rendah. Bahkan belum ada satupun yang melunasi. Contohnya adalah Jawa Timur dari kuota TPHD 235 orang, belum ada satupun yang melunasi BPIH. Kasus serupa ada di Jawa Barat (259 orang), Jambi (19 orang), Sulawesi Utara (6 orang), serta Papua dan Bangka Belitung (masing-masing 7 orang).

Nafit mengatakan skema pelunasan TPHD adalah, biaya hajinya ditanggung pemerintah provinsi (pemprov). Besaran ongkos hajinya juga berbeda dengan jamaah haji pada umumnya. Kemenag menetapkan besaran biaya haji untuk TPHD sekitar Rp 50 juta. Sementara rata-rata biaya haji reguler umumnya sekitar Rp 34,89 juta.

Sementara itu di beberapa daerah persiapan haji 2017 terus dikebut. Diantaranya dilakukan oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Mereka saat ini melakukan pelatihan terintegrasi bagi calon petugas yang menyertai jamaah haji. Plt Dirjen PHU Kemenag Nus Syam mengatakan, petugas haji harus bisa memahami jamaah haji. “Apalagi latar belakang jamaah haji itu beragam,’’ jelasnya.

Mulai dari latar belakang, sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Dia berharap seluruh jamaah dengan beragam lantar belakang itu mendapatkan pelayanan yang optimal selama melakoni rukun Islam kelima itu.(wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top