Adik Amrosi : Doktrin Jadi Teroris Kuat, Pelaku Bergabung Dipengaruhi Pergaulan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Adik Amrosi : Doktrin Jadi Teroris Kuat, Pelaku Bergabung Dipengaruhi Pergaulan

Fauzi, adik Amrozi (kanan) ketika dialog bersama elemen mahasiswa di Lembaga Dakwah Kampus UHO.

kendaripos.fajar.co.id — Ancaman terorisme terhadap bangsa Indonesia ikut diantisipasi oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tenggara. FKPT menggandeng Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) dalam dialog bersama elemen mahasiswa di Lembaga Dakwah Kampus UHO.

Forum tersebut menghadirkan Ali Fauzi Manzi yang merupakan adik kandung Amrozi dan Ali Imron, gembong teroris Asia Tenggara.  Ali Fauzi memaparkan kisahnya selama aktif mengikuti jaringan teroris di Indonesia. Dikatakannya, semua terorisme dan segala bentuk terornya melalui bom bunuh diri dilakukan atas dasar kesalahpahaman ideologi yang dianutnya. Selain karena doktrin yang begitu kuat, para pelaku teror (terorisme) juga dipengaruhi oleh pergaulan.

“Pengalaman saya selama aktif di dunia terorisme, kebanyakan kami ikut karena ajakan teman ataupun keluarga. Jadi sebenarnya, terorisme itu lahir karena ketidak mengertian terhadap nilai-nilai agama dan juga pancasila. Mereka hanya sebatas ikut-ikutan,” bebernya, Kamis (1/6).

Sebatas yang dialaminya, lanjut Fauzi, terorisme bisa dicegah melalui peran aktif teman dan keluarga. Olehnya itu, dirinya mengingatkan mahasiswa agar tidak salah dalam bergaul dan senantiasa terbuka dengan keluarga. Itu menjadi benteng paling efektif untuk terhindar dari jaringan terorisme.

“Saya sudah puluhan tahun jadi terorisme. Berbagai teror mulai dari Bom Bali hingga perang di Filipina dan Pakistan sudah saya jalani. Pada akhirnya saya menyesali, dan berhasil sadar berkat ajakan teman dan keluarga,” tutur pria yang dahulunya ahli perakit bom jaringan terorisme Al Qaeda Asia Tenggara.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top