Sudah Enam Bulan Kades di Muna Belum Terima Honor – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna

Sudah Enam Bulan Kades di Muna Belum Terima Honor

kendaripos.fajar.co.id — Bias tak kunjung cairnya Dana Desa (DD) membuat pimpinan pemerintahan di level itu juga belum menerima honor selama enam bulan. Anggaran untuk pembayaran honor tersebut berasal dari Alokasi Dana Desa yang melekat pada APBD tahun 2017. Kades Korihi, Kecamatan Lohia, Wa Ode Rina Liah mengakui hal itu. Ia mengatakan, sejak Januari lalu hingga kini, ia dan perangkatnya memang belum juga menerima honor.

Padahal seharusnya, tiap triwulan mereka sudah mendapatkan honor. “Kita terima pertriwulan berdasarkan Peraturan Bupati nomor 11 tahun 2017 tentang rancangan Alokasi Dana Desa. Jadi honor Kades dan perangkat belum terbayarkan. Semua ada 124 desa,” ujar Wa Ode Rina Liah saat ditemui di kantor DPRD Muna, Selasa (30/5).

Alasan pihak keuangan daerah, terkait soal Laporan Pertanggung Jawaban tahun 2016 serta APBDes 2017 dari beberapa desa yang belum selesai. “Harusnya, siapa yang cepat buat LPJ, itu yang didahulukan. Seperti tahun-tahun sebelumnya,” pendapatnya. Sementara itu, Kabid Keuangan dan Aset BPMPD Muna, Budiman Syawal juga mengakui hal tersebut. Belum rampungnya APBDes sebagai pemicu lambannya pencairan dana. Saat ini pihaknya masih melakukan evaluasi.

“Nanti sudah selesai evaluasinya, baru bisa mengajukan permintaan pencairan di keuangan,” singkat Budiman tanpa mengetahui waktu pasti kapan berakhirnya evaluasi APBDes. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top