Dishub Kota Kendari Dapat Bantuan Lima Bus Dari Kemenhub – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Dishub Kota Kendari Dapat Bantuan Lima Bus Dari Kemenhub

kendaripos.fajar.co.id — Pemerintah Kota Kendari terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada warga. Termasuk soal pelayanan moda transportasi, Pemkot ingin menghadirkan transportasi umum yang layak dan nyaman. Untuk mendukung komitmen tersebut, lima armada bus telah ditambah oleh pemangku kebijakan kota ini melalui bantuan dari Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Ali Aksa mengatakan lima armada baru bus tersebut dalam waktu dekat akan tiba di Kendari. Nantinya, bus baru tersebut akan melengkapi jumlah bus dari tujuh unit menjadi 12 unit. “Alhamdulillah, kita barusan saja mendapat tambahan lima unit bus baru,” ujar di ruang kerjanya, Selasa (25/4).

Bus-bus tersebut merupakan bantuan Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Bus berkapasitas 40 seat (kursi) tersebut akan digunakan untuk melayani rute yang padat penduduk di metro ini. “Kita akan gunakan sepenuhnya untuk kebutuhan akomodasi warga. Rutenya nanti kita sesuaikan dulu, yang jelas akan digunakan untuk kawasan yang padat,” jelas Ali Aksa.

Bantuan bus tersebut diusulkan sejak tahun 2016, sejalan dengan upaya Pemkot untuk menghadirkan transportasi umum massal yang memadai. Meski jumlahnya belum sebanding dengan jumlah armada yang ideal untuk Kota Kendari, namun setidaknya bus tersebut sudah dapat membantu mobilitas warga. “Idealnya kita butuh kurang lebih 50 unit bus seperti itu. Tapi kita gunakan saja dulu yang ada,” ungkapnya.

Diharapkan, dengan adanya bus tersebut, warga Kota Kendari akan terbiasa menggunakan transportasi massal sebagai pilihan akomodasinya. Penggunaan kendaraan pribadi mulai ditekan penggunaannya untuk menghindari kemacetan. “Kota Kendari ini kalau jam pulang kantor, sudah mulai macet dibeberapa titik. Makanya kita mulai hadirkan transportasi massal yang nyaman,” tambah mantan Kepala Dinas PU Kota Kendari itu.
Kedepan, pengelolaan bus-bus itu akan dilakukan oleh lembaga tertentu misalnya Badan Umum Layanan Daerah (BLUD) agar pengelolaanya mandiri dan tidak tergantung pada APBD. “Sekarang masih plat merah. Nanti kita buat BLUD-nya tahun ini supaya pelayanannya lebih maksimal,” pungkasnya. (p1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top