Banyak Pasutri di Wakatobi Tak Miliki Buku Nikah – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Banyak Pasutri di Wakatobi Tak Miliki Buku Nikah

kendaripos.fajar.co.id — Sejumlah warga yang resmi menyandang status sebagai pasangan suami istri (Pasutri) di Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra0 saat ini belum mengantongi buku nikah. Pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wangsel mencatat, dalam satu desa ada lebih dari 20 pasangan yang belum memiliki dokumen resmi dari Kementerian Agama itu.

Menurut Kepala KUA Wangsel, La Ode Hasnan Karya, banyak faktor yang menyebabkan banyak warga belum memiliki buku nikah. Termasuk menikah pada usia yang belum cukup, belum bercerai hingga tidak tahu menahu soal pengurusan buku nikah. Khusus di Desa Mola Samaturu Kecamatan Wangsel, sebanyak 21 KK belum memiliki buku nikah. “Itu baru di satu tempat ya, belum lagi di desa atau kelurahan lainnya. Saya kira masih banyak lagi pasutri lain yang belum memiliki buku nikah,” ujar La Ode Hasnan Karya, Selasa (25/4).

Ia menilai salah satu penyebabnya karena warga malas mengurusnya. “Padahal kami sudah lakukan sosialisasi tapi belum ada juga yang datang ke kantor untuk konsultasi terkait hal ini,” terang Hasnan Karya. Kemenag melalui KUA telah membuat program isbat nikah untuk mengesahkan pernikahan yang tidak tercatat di KUA. “Kita suruh datang mendata, nanti pihak pengadilan agama yang urus tapi tidak ada juga yang mengurus,” keluhnya. (c/thy)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top